Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Langkah mudah untuk dapatkan kulit sehat

Shavira Annisa

Perawatan kulit atau skincare merupakan rutinitas penting dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Namun, seringkali hasil yang diinginkan tidak maksimal karena kurangnya pemahaman bagimana membuat skincare bekerja.

Tapi nggak perlu khawatir, agar kondisi kulit membaik dan mendapatkan kulit sehat, Popbela akan membagikan beberapa tips agar skincare bekerja maksimal. Penasaran apa aja? Yuk, langsung scrolling! 

1. Menggunakan produk sesuai kondisi kulit

noie.com/Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit yang kamu alami. Jika memiliki masalah jerawat, gunakan produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Jika mengalami penuaan kulit, produk dengan retinol atau yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C bisa menjadi pilihan kamu. Jadi pastikan untuk gunakan skincare sesuai dengan kondisi kulit, ya. 

2. Eksfoliasi secara rutin

timesofindia.indiatimes.com/Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Proses eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, penyebab jerawat dan membuat kulit tampak lebih kusam. Jadi kamu bisa melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu menggunakan scrub atau chemical exfoliator yang mengandung AHA dan BHA. Tetapi perlu diperhatikan, terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan terjadinya iritasi kulit.

3. Lakukan patch test

healthydirections.com/Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Sebelum mengaplikasikan skincare baru ke seluruh wajah, lakukan patch test terlebih dahulu. Oleskan sedikit produk di area kecil kulit, seperti di belakang telinga atau di pergelangan tangan, dan tunggu 24 jam untuk melihat reaksi kulit. Ini membantu menghindari terjadinya iritasi atau reaksi alergi.

4. Bersihkan wajah dengan benar

pexels.com/Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Membersihkan wajah adalah langkah dasar yang sangat penting. Gunakan pembersih wajah yang lembut sesuai dengan jenis kulit kamu. Pastikan untuk membersihkan wajah dengan teknik double cleansing agar kulit bersih maksimal. Pembersihan yang baik membantu produk skincare menyerap lebih efektif.

5. Jangan lewatkan pelembap

glam.com/Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Pelembap adalah kunci untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Bahkan kulit berminyak membutuhkan pelembap untuk mengatur produksi sebum. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu, seperti gel ringan untuk kulit berminyak dan kulit kering cocok gunakan pelembap dengan tekstur krim yang thick. 

6. Perhatikan urutan pengunaan produk

dkglowy.com/Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Urutan penggunaan produk skincare juga mempengaruhi efektivitasnya. Secara umum, urutan yang tepat adalah: pembersih, toner, serum, pelembap, dan sunscreen untuk di pagi hari. Di malam hari, kamu bisa mengganti sunscreen dengan skincare khusus seperti retinol atau krim malam.

7. Aplikasikan sunscreen

thejbeautycollection.com

Pengunaan sunscreen adalah tahapan terakhir namun memegang peranan penting dalam rutinitas skincare di pagi hari. Paparan sinar UV adalah salah satu penyebab utama penuaan kulit dan kerusakan kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau saat kamu beraktivitas di dalam ruangan.

Nah, itu dia tujuh tips agar skincare bekerja maksimal. Oiya, jangan lupa untuk menjaga gaya hidup sehat dan menghindari stres. Dengan mengikuti tujuh tips di atas, kamu bisa dapatkan kulit yang sehat sesuai yang diimpikan. Happy glowing! 

IDN Channels

Latest from Skin