Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tahapan Skincare untuk Wajah Belang, Bikin Warna Kulit Merata 

Fokus untuk mencerahkan kulit

Shavira Annisa

Wajah belang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, terjadinya peradangan kulit, atau perubahan pigmen. Nggak harus buru-buru ke klinik kecantikan, untuk mengatasi wajah belang kamu bisa melakukan berbagai cara, yakni dengan menggunakan skincare. 

Yups, agar warna kulit lebih cepat merata, enam tahapan skincare untuk wajah belang a la Popbela ini bisa bantu kamu. Jadi penasaran apa aja tahapannya? Yuk, langsung scrolling!

1. Membersihkan wajah

houseofwellness.com.au/Skincare untuk Wajah Belang

Langkah pertama dalam mengatasi kulit belang adalah membersihkan wajah secara menyeluruh. Gunakan pembersih wajah yang lembut namun efektif untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup. Pastikan untuk membersihkan wajah dengan lembut tanpa mengiritasi atau mengganggu skin barrier. 

2. Eksfoliasi kulit

sephora.co.id/Skincare untuk Wajah Belang

Eksfoliasi merupakan tahapan penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakan skincare yang bersifat eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit kamu dan lakukan secara teratur, tetapi tidak perlu terlalu sering agar tidak merusak kulit. Dengan rutin eksfoliasi, maka akan terjadi regenerasi sel-sel kulit baru dan meratakan tekstur kulit.  

3. Menggunakan skincare pencerah

onlymyhealth.com/Skincare untuk Wajah Belang

Setelah membersihkan dan mengeksfoliasi kulit, tahapan skincare untuk wajah belang selanjutnya adalah menggunakan produk pencerah kulit. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, niacinamide, atau kojic acid yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit.

4. Penggunaan retinoid

byrdie.com/Skincare untuk Wajah Belang

Retinoid adalah bahan aktif yang efektif mengatasi hiperpigmentasi dan kulit belang. Kandungan skincare ini bekerja dengan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru dan menghambat produksi melanin berlebih. Jadi jangan sampai dilewatkan ya tahapan ini. 

5. Aplikasikan pelembap

realsimple.com/Skincare untuk Wajah Belang

Tahapan yang nggak boleh di-skip adalah mengaplikasikan pelembap. Yups, pelembap berfungsi untuk menghidrasi kulit dan mengurangi kemungkinan iritasi. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan kulit.

6. Jangan lupa pakai sunscreen

instyle.com/Skincare untuk Wajah Belang

Sunscreen adalah langkah penting dalam perawatan kulit untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk kulit belang. Aplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan gunakan setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau di dalam ruangan. Oleskan tabir surya secara merata ke seluruh wajah dan leher 15 menit sebelum terpapar sinar matahari, ya. 

Dengan mengikuti enam tahapan skincare untuk wajah belang secara teratur, maka kulit akan terlihat lebih cerah merata. Say bye-bye to kulit belang! 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin