Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen, Apakah Bisa?

Supaya tidak mengganggu

Nafi' Khoiriyah

Masalah bau ketiak sering kali menjadi hal yang sensitif untuk dibahas. Namun jika kamu mengalami hal ini, jangan sampai dibiarkan saja karena bisa mengganggu orang di sekitar. 

Ada sejumlah cara menghilangkan bau ketiak secara permanen yang bisa dicoba. Kamu juga perlu memahami penyebabnya supaya bisa mencegah bau kembali. 

Simak cara menghilangkan bau ketiak dan penyebab lengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Apakah mungkin menghilangkan bau ketiak secara permanen?

freepik.com/freepik

Sebelum menemukan cara menghilangkan bau ketiak, kamu perlu tahu apakah mungkin bau ketiak hilang secara permanen.

Nah, hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa semua orang berkeringat. Keringat tersebut menunjukkan bahwa tubuh berfungsi secara sehat, tetapi sayangnya bisa menimbulkan bau. 

Bau ketiak memang bisa sangat memalukan, tetapi merupakan hal yang normal. Beberapa orang mungkin memiliki bau ketiak yang lebih menyengat daripada yang lain. Bau yang lebih menyengat itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti diet, olahraga, dan faktor genetika maupun kondisi medis yang ada di luar kendali. 

Jadi, menghilangkan bau ketiak secara permanen itu tidak bisa. Meski demikian, ada beberapa cara untuk mengatasi bau ketiak yang bisa dilakukan. 

Apa penyebab bau ketiak?

freepik.com/Racool_studio

Kemudian, penyebab bau ketiak juga perlu diketahui selain cara menghilangkan bau ketiak secara permanen. Bau ketiak sebenarnya merupakan efek samping dari tubuh manusia yang berasal dari bakteri dan keringat. 

Keringat itu adalah cara alami untuk mengatur suhu tubuh dan mendinginkan diri pada saat olahraga di lingkungan yang panas. Tanpa itu, kamu akan merasa kepanasan dan tidak nyaman secara fisik.

Namun masalahnya adalah ketika keringat yang tidak berbau kemudian bersentuhan dengan bakteri pada kulit, keduanya akan menciptakan bau. Dari situlah bau ketiak kemudian muncul dan menjadi permasalahan yang banyak dialami. 

Produk yang bisa mengatasi bau ketiak

freepik/gpointstudio

Ada tiga produk yang bisa melawan bau ketiak. Kamu yang mengalami kondisi ini perlu untuk menggunakannya. Ketiga produk tersebut adalah sabun antibakteri, antiperspirant, dan deodoran. 

  • Sabun antibakteri 
    Mandi dan tentunya mencuci ketiak dengan sabun antibakteri dengan teratur adalah cara penting untuk mengurangi jumlah bakteri yang hidup di ketiak. Memang tidak bisa membunuh sepenuhnya tetapi menggunakan sabun antibakteri bisa menguranginya. 
  • Antiperspirant
    Selanjutnya, antiperspirant dibuat dengan bahan aktif aluminium yang bisa menyumbat saluran ketingat. Hal itu akan membuat tubuh tidak terlalu banyak berkeringat. 
  • Deodoran 
    Terakhir, deodoran juga bisa membantu menutupi bau ketiak dengan bau yang berbeda dan tentunya lebih wangi. Saat digunakan bersama sabun antibakteri dan antiperspirant, maka deodoran bisa menggantikan bau ketiak. 

Tips untuk mengatasi bau ketiak

freepik.com/freepik

Meski cara menghilangkan bau ketiak secara permanen sulit untuk dilakukan, tetapi ada sejumlah tips yang mulai bisa kamu lakukan berikut ini. 

  1. Ubah pola makan 
    Beberapa makanan dan minuman seperti kafein, alkohol, makanan pedas, dan bawang diketahui bisa membuatmu lebih banyak berkeringat. Keringat pun bisa makin berbau jika mengonsumsi makanan-makanan di atas. Maka, jika kamu ingin mengurangi bau ketiak, ada baiknya untuk mengurangi asupan makanan dan minuman tersebut. 
  2. Cukur ketiak
    Setelah itu jika ketiakmu berbulu, bakteri dan keringat akan lebih mudah terperangkap di dalamnya. Maka dari itu, mencukur ketiak menjadi salah satu cara untuk mengurangi baunya.  
  3. Perhatikan pakaian yang kamu pakai 
    Terakhir, perhatikan jenis pakaian dan kain yang kamu kenakan. Katun dan pakaian ketat bisa membuatmu lebih banyak berkeringat. Sebaliknya, pakailah pakaian yang longgar dan dengan bahan yang menyerap keringat supaya mengurangi jumlah keringat yang keluar. 

Cara menghilangkan bau ketiak secara permanen mungkin akan sulit dilakukan. Namun, kamu bisa menguranginya dengan tips-tips yang ada di atas. Semoga membantu!

IDN Channels

Latest from Skin