Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara agar Flek Hitam di Wajah Cepat Mengelupas, Efektif!

Cepat dan efektif

Nafi' Khoiriyah

Flek hitam umumnya muncul di area wajah tertentu, seperti di pipi, dagu, maupun dahi. Kondisi itu muncul akibat penumpukan pigmen pada wajah yang berada di lapisan kulit. 

Menghilangkan flek hitam itu tentu tidak bisa dengan cara yang instan. Supaya flek hitam memudar, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pengelupasan kulit. 

Cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas bisa bertahap dengan produk perawatan hingga produk kecantikan berikut ini. 

1. Menggunakan skincare retinol

freepik.com/freepik

Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A yang bisa membantu menghilangkan jerawat dan memiliki efek anti penuaan. Kandungan ini bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel kulit dan membantu membersihkan pori-pori.

Retinol juga dapat mengelupas kulit dan meningkatkan kolagen sehingga mengurangi adanya flek hitam. Namun, retinol rentan terhadap alergi dan kulit sensitif. Maka dari itu, kamu jangan memakainya secara berlebihan, apalagi jika memiliki kulit sensitif. 

2. Melakukan laser wajah

freepik.com/prostooleh

Cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas selanjutnya adalah dengan melakukan laser wajah. Terapi ini menggunakan cahaya dan menargetkan area yang mengalami hiperpigmentasi. 

Tindakan tersebut dilakukan untuk mengangkat dan mengelupas sel kulit mati dari tubuh. Selain itu, laser juga akan memicu pertumbuhan sel baru dan memperbaiki sel.

3. Menggunakan lidah buaya

freepik.com/jcomp

Menggunakan aloe vera pada wajah bisa membantu melembapkan kulit dan masalah kulit seperti flek hitam. Kemampuan lidah buaya untuk mempercepat regenerasi kulit lah yang bisa mengatasi masalah flek hitam. 

Studi menunjukkan bahwa penggunaan aloe vera secara konsisten bisa menstabilkan kadar melanin dalam sel. Efeknya juga mampu menenangkan kulit dan memudarkan flek hitam. 

4. Melakukan chemical peeling

freepik.com/freepik

Chemical peeling jadi cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas selanjutnya. Perawatan ini menggunakan aplikasi larutan kimia pada kulit sehingga menyebabkan pengelupasan yang terkendali. 

Hasilnya, chemical peeling akan mengatasi masalah hiperpigmentasi seperti bintik hitam dan meratakan warna kulit. Prosedurnya juga mendorong pengelupasan sel kulit yang rusak dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru yang sehat. 

5. Rutin eksfoliasi

Pexels.com/Cottonbro

Eksfoliasi juga merupakan pengelupasan kulit yang akan membantu mengangkat sel kulit mati yang mengandung pigmen melanin. Selain bisa mengelupas flek hitam, eksfoliasi juga akan mempercepat regenerasi kulit baru supaya makin cerah.

6. Melakukan mikrodermabrasi

freepik.com/freepik

Tindakan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mikrodermabrasi. Cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas yang satu ini akan menggunakan pengelupasan untuk mengangkat lapisan kulit secara perlahan.

Mikrodermabrasi menjadi pilihan jika kamu mengalami bintik hitam, melasma, ataupun kulit kusam. Warna kulit yang tidak merata dan kulit yang bertekstur pun bisa diatasi dengan metode ini.

7. Menggunakan masker madu

pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Madu merupakan humektan alami yang bisa menghilangkan flek hitam pada wajah secara efektif. Bahan alami yang satu ini memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan pelembap. 

Sifat enzimatiknya juga akan membantu mengelupas sel kulit mati dengan lembut, mendorong pergantian sel, memudarkan pigmentasi, dan menghasilkan kulit lebih cerah. 

8. Menggunakan cuka apel

pexels.com/Rosana Solis

Cuka apel mengandung asam asetat yang bisa mengatasi hiperpigmentasi. Seperti cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas sebelumnya, cuka apel akan mendorong sel kulit mati untuk mengelupas dan menyamarkan flek hitam.

Sifatnya juga antibakteri dan antijamur sehingga bekerja baik untuk flek hitam. Namun, perhatikan cara pemakaiannya supaya tidak mengiritasi kulit. Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dan dicampur dengan air murni. 

9. Menggunakan teh hijau

freepik.com/freepik

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, teh hijau juga bisa digunakan untuk mengobati flek hitam. Di dalamnya, teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan yang baik untuk melawan kerusakan kulit dan flek hitam. 

Demikian 9 cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas yang bisa kamu usahakan. Namun untuk mengatasi flek hitam dengan lebih maksimal, jangan lupa berkonsultasi dengan ahlinya, ya!

IDN Channels

Latest from Skin