Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Mengeksfoliasi Kulit Supaya Nggak Iritasi

Eksfoliasi kulit ini bisa mengangkat sel kulit mati

Aulia Fitria

Bela, apakah kamu rutin melakukan eksfoliasi kulit? Seperti yang kamu tahu, prosedur perawatan kulit dengan menggunakan toner eksfoliasi atau scrub ini memiliki segudang manfaat, seperti mengangkat sel kulit mati, mempercepat penyerapan produk skincare yang digunakan, mencegah timbulnya jerawat, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Tapi, pernah nggak sih kamu takut produk yang kamu gunakan atau cara yang kamu terapkan untuk perawatan yang satu ini bisa menyebabkan iritasi kulit? Kekhawatiran itu merupakan hal yang wajar, dan Popbela akan memberi kamu tips mengeksfoliasi kulit dengan aman. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Perhatikan produk skincare yang saat ini kamu gunakan

shape.com

Mengutip dari American Academy of Dermatology, beberapa kandungan seperti retinol dan benzoyl peroxide bisa membuat kulit cenderung lebih sensitif.

Oleh karena itu kamu bisa hentikan penggunaan produk skincare yang mengandung retinol dan benzoyl peroxide, karena akan kulitmu bisa berubah mendadak menjadi kering dan berjerawat.

2. Pilih metode eksfoliasi yang tepat untuk jenis kulitmu

Pexels.com/Cottonbro

Nggak semua jenis kulit cocok dengan eksfoliasi menggunakan scrub, ada jenis kulit yang lebih ampuh apabila menggunakan toner eksfoliasi.

Mereka yang memiliki kulit sensitif dan kering akan lebih cocok dengan metode chemical exfoliation yang mana metode ini akan menggunakan toner eksfoliasi yang mengandung AHA atau BHA.

Lalu, mereka yang memiliki kulit berminyak akan lebih ampuh apabila menggunakan metode physical exfoliation.

3. Usapkan toner eksfoliasi atau scrub dengan lembut

Besthealthmag.ca

Di samping metode yang kamu gunakan, mengusap wajahmu dengan toner eksfoliasi atau scrub dengan lembut menjadi langkah yang penting untuk diterapkan supaya kulitmu nggak iritasi saat perawatan ini. 

Kamu bisa lakukan gerakan memutar selama 30 detik, kemudian bilas wajahmu dengan air hangat. 

4. Aplikasikan pelembap setelah eksofliasi

freepik.com/lookstudio

Mengeksfoliasi kulit ini memang bisa membuat kulitmu cenderung kering. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan pelembap di wajahmu setelah selesai mengeksfoliasi kulit.

5. Tentukan kapan kamu harus eksfoliasi

Rawpixel.com

Kamu nggak bisa sembarangan mengeksfoliasi kulitmu, karena ketika kamu mengeksfoliasi kulitmu secara berlebihan, bukannya akan bermanfaat untuk kulit, perawatan yang satu ini malah membuat kulitmu mengalami berbagai masalah, seperti kemerahan dan iritasi.

Oleh karena itu, kamu bisa lakukan eksfoliasi apabila kulitmu sedang berminyak dan kusam. Namun, perhatikan frekuensi eksfoliasinya juga, ya!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin