Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Milia 

Ada retinol hingga asam salisilat

Aulia Fitria

Milia merupakan masalah kulit yang cukup umum dan banyak diderita oleh perempuan. Bukan tanpa alasan, milia ini bisa terjadi karena dipicu oleh beberapa hal, mulai dari paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan kulit tertentu, hingga akibat gesekan dari alat tertentu.

Melansir dari Healthline, milia juga bisa terjadi akibat kulit kehilangan kemampuannya untuk mengeksfoliasi. Umumnya, milia bisa dengan mudah dideteksi oleh dokter kulit apabila tampak begitu jelas. Pada kasus tertentu diperlukan biopsi lesi kulit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, pasalnya kondisi kulit yang satu ini bisa dicegah dan diatasi dengan kandungan skincare di bawah ini!

1. Retinol

freepik.com

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang kerap digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Retinol juga kandungan yang tergolong populer belakangan ini lantaran manfaatnya yang cukup banyak, mulai dari mengatasi jerawat, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, hingga mengatasi milia.

Ya, kandungan retinol ini bisa mengatasi milia dengan mengeksfoliasi sel kulit mati, kemudian menstimulasi produksi kolagen dan elastin yang mana membantu memperbaiki tekstur kulit serta menjaga kelembapan kulit sehingga kulit bebas milia.

2. Vitamin C

pexels.com/Karolina Grabowska

Salah satu  kandungan produk skincare yang kerap kali diandalkan untuk mencegah penuaan dini adalah Vitamin C. Tetapi tahukah kamu bahwa kndungan yang umumnya ditemukan di dalam serum ini juga ternyata memiliki manfaat lain untuk kulit, yaitu mengurangi hiperpigmentasi, meratakan warna kulit, mengurangi kerutan pada wajah, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari hingga mencegah milia.

Ya, Vitamin C membantu mempercepat proses pergantian kulit sehingga membantu mencegah penumpukan keratin yang mana berkontribusi pada pembentukan milia. Kemudian Vitamin C juga mampu menstimulasi produksi kolagen yang mana bisa mencegah pembentukan milia.

3. Niacinamide

freepik.com/master1305

Niacinamide dikenal sebagai kandungan yang mampu mengontrol minyak pada kulit. Lebih dari itu, niacinamide bisa melembapkan kulit yang kering dan tahukah kamu bahwa hal tersebut bisa mencegah terjadinya milia? Di samping itu, niacinamide juga punya manfaat lain untuk kesehatan kulit.

Yakni mengurangi peradangan, menstabilkan pH kulit, meningkatkan kesehatan pori-pori, memperbaiki tekstur kulit,dan mengurangi hiperpigmentasi atau bercak hitam pada kulit.

4. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

freepik.com

Alpha hydroxy acid (AHA) merupakan salah satu dari sekian banyak kandungan aktif yang populer untuk mengatasi sel-sel kulit mati. AHA juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti meremajakan kulit, mencegah dan mengatasi jerawat, membuat kulit tampak lebih halus, memaksimalkan penyerapan produk skincare yang kamu gunakan.

Lebih dari itu, AHA juga mampu mencegah munculnya milia melalui eksfoliasi kulit atau menghilangkan sel-sel kulit mati serta mencegah terjadinya penumpukan keratin yang mana keratin ini berkontribusi pada milia.

5. Asam salisilat

Freepik

Dikenal sebagai kandungan yang dapat meredakan jerawat, ternyata asam salisilat punya manfaat lain untuk kulit, lho, Bela. Ya, kandungan yang satu ini mampu mengatasi milia lewat mengatasi sel-sel kulit mati, mencegah pori-pori tersumbat, hingga memperbaiki tekstur kulit.

IDN Channels

Latest from Skin