Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Cara Ampuh Mengatasi Bruntusan   

Mulai dari lidah buaya sampai chemical peeling

Aulia Fitria

Bukan hanya jerawat, bruntusan juga merupakan salah satu masalah kulit yang sulit untuk dihindari, karena bruntusan bisa terjadi apabila kamu nggak cocok dengan produk skincare yang kamu gunakan. 

Di samping itu, seseorang dengan masalah kulit tertentu, seperti eksim, rosacea, dan keratosis pilaris juga rentan akan masalah kulit yang kerap mengganggu ini.

Meskipun penyebab bruntusan ini terdengar rumit, kamu nggak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Yuk, simak cara mengatasi bruntusan di bawah ini!

1. Menggunakan produk skincare yang mengandung lidah buaya

freepik.com/jcomp

Lidah buaya dipercaya mampu mengatasi bruntusan karena kandungan antibakteri, antiinflamasi, serta vitamin E di dalamnya. Oleh karena itu, apabila kamu mengalami bruntusan, kamu bisa gunakan produk skincare yang mengandung lidah buaya, seperti soothing gel.

Apabila kamu memiliki tanaman lidah buaya di rumah, kamu juga bisa menggunakan ini. Namun, pastikan proses pengambilan dan penggunaannya higienis, ya, Bela.

2. Mengaplikasikan tea tree oil

newshub.co.nz

Selain lidah buaya, tea tree oil juga dipercaya sebagai kandungan yang ampuh mengatasi masalah kulit yang satu ini. Kamu bisa temukan produk skincare yang mengandung tea tree oil pada pembersih wajah, pelembap, serta essential oil.  

Namun, sebelum mengaplikasikan produk skincare yang memiliki kandungan ini, pastikan bahwa kamu nggak alergi dengan tea tree oil.

3. Menggunakan masker yang terbuat dari oatmeal

paleoplan.com

Oatmeal atau gandum ini ampuh untuk mengatasi bruntusan karena oatmeal kaya akan antioksidan serta sehingga mampu mengatasi masalah peradangan pada kulit, termasuk bruntusan.

Kamu bisa menggunakan masker oatmeal yang dijual di pasaran atau membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah, cukup giling oatmeal sampai menjadi bubuk, lalu tuangkan air hangat.

4. Menggunakan teh hijau

healthywomen.com

Teh hijau ini memiliki kandungan yang mampu mengatasi peradangan serta bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan teh hijau untuk mengatasi masalah kulitmu ini.

Caranya mudah, seduh teh hijau, kemudian ambil bubuk teh yang ada di dalam kantong teh tersebut, lalu taruh di wajah yang mengalami bruntusan.

5. Menggunakan masker madu

pexels.com/pixabay

Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi bruntusan. Alih-alih meminumnya, kamu bisa membuat masker dari madu. Untuk membuat masker dari madu ini, kamu bisa gunakan madu manuka 

6. Mengompres wajah dengan es batu

Freepik.com

Cara selanjutnya mudah sekali untuk diterapkan, yaitu mengompres wajah dengan es batu. Mungkin terdengar aneh, namun es batu ini bisa mengatasi bruntusan meskipun hanya sementara.

Namun, hindari menempelkan es batu secara langsung ke wajah. Kamu bisa melapisi es batu yang akan digunakan dengan handuk.

7. Chemical peeling

Freepik.com

Di samping melakukan perawatan dengan produk yang bisa kamu temukan dengan mudah, kamu juga bisa mencoba perawatan yang lebih advance, seperti chemical peeling. Chemical peeling ini merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati di wajah, serta membuat kulitmu tampak awet muda.

Kamu nggak perlu khawatir karena perawatan yang satu ini aman untuk kulit.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin