Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan Kulit 

Cegah penuaan dini hingga meredakan peradangan

Aulia Fitria

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh kulit yang sehat. Mulai dari mengonsumsi air putih yang cukup, istirahat yang cukup hingga rutin mengaplikasikan berbagai rangkaian produk perawatan kulit. Di samping itu, kamu juga bisa mencoba untuk menambahkan teh kombucha sebagai minuman yang kamu konsumsi saat pagi hari.

Pasalnya, teh hasil proses fermentasi ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan kulit. Berbicara soal manfaatnya untuk kesehatan, teh kombucha dipercaya bisa mencegah penuaan dini, menghidrasi kulit, melawan radikal bebas, sebagai eksfoliator yang baik, serta sebagai anti inflamasi. 

Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, yuk, simak artikel ini hingga selesai, Bela!

1. Mencegah penuaan dini

pexels.com/ Andrea Piacquadio

Tampil fresh dan awet muda merupakan hal yang banyak diidamkan oleh para wanita. Untuk memperoleh kulit sehat nan awet muda, ada rutinitas yang tak boleh kamu lewatkan, yakni rutin mengaplikasikan tabir surya serta mulai menggunakan produk perawatan kulit yang ditujukkan untuk membuat kulit bebas dari penuaan dini, yakni vitamin C dan retinol.

Di sisi lain, menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi kombucha merupakan rutinitas yang bisa kamu coba. Pasalnya, minuman fermentasi yang satu ini mampu mencegah penuaan dini lantaran kaya akan kandungan antioksidan. Melansir dari Cleveland Clinic, kamu bisa konsumsi kombucha sebanyak empat ons setiap harinya.

2. Menghidrasi kulit

freepik.com

Tak hanya lewat penggunaan pelembap secara rutin baik pagi maupun malam hari, kamu juga bisa memberi kulit hidrasi tambahan dengan mengonsumsi kombucha. Ya, berbagai kandungan vitamin di dalam kombucha ini bisa membantu mengatasi kulit kering. Hal ini bisa membuat kulit sehat sekaligus lembap dengan alami.

3. Melawan radikal bebas

Freepik

Seperti yang kamu ketahui bahwa kombucha kaya akan antioksidan dan hal ini tak hanya berkontribusi besar dalam pencegahan penuaan dini tetapi juga menangkal radikal bebas. Tahukah kamu bahwa radikal bebas juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi, peradangan, hingga kulit kehilangan kelembapan.

Hal ini terjadi lantaran kombucha kaya akan Vitamin C sehingga kulit bebas dari berbagai dampak negatif radikal bebas. Namun, jika sehabis mengonsumsi teh kombucha timbul rasa tidak nyaman pada tubuh sebaiknya hentikan penggunaannya terlebih dahulu dan lakukan konsultasi dengan dokter.

4. Eksfoliator yang baik

freepik.com

Kombucha juga dikenal sebagai eksfoliator yang efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta mengatasi hiperpigmentasi. Ini berkat bakteri asam laktat yang terkandung di dalam kombucha. Kamu juga tak perlu khawatir kulit akan iritasi lantaran asam laktat masuk ke dalam kategori eksfoliator yang lembut.

5. Sebagai anti inflamasi

freepik.com

Ada beberapa hal yang membuat kulit mengalami peradangan. Mulai dari reaksi alergi yang ditimbulkan oleh zat-zat pemicu seperti kandungan kosmetik tertentu dan deterjen, kulit tengah mengalami iritasi dan infeksi, kulit bereaksi terhadap suhu tertentu, hingga stres.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lantaran kandungan probiotik yang dimiliki oleh kombucha ini dipercaya mampu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh eksim, rosacea, dan juga jerawat.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin