Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Manfaat Kandungan Asam Amino untuk Kesehatan Kulit Wajah 

Mampu menjaga kelembapan kulit hingga membentuk kolagen.

Aulia Fitria

Asam amino adalah molekul yang digunakan untuk membentuk protein di dalam tubuh. Perlu kamu ketahui agar tubuh berfungsi dengan semestinya maka dibutuhkan 20 asam amino. Melansir dari Cleveland, sembilan asam amino ini biasa disebut sebagai asam amino esensial yang mana dapat diperoleh melalui makanan yang kamu konsumsi.

Sedangkan 11 asam amino lainnya yang kamu butuhkan diproduksi oleh tubuh. Asam amino ini disebut sebagai asam amino non esensial. Asam amino bekerja menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh, menjadi sumber energi, membentuk otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

Dalam konteks menjaga kesehatan kulit, asam amino juga kerap digunakan untuk menjaga kelembapan kulit, meningkatkan retensi air, melindungi kulit, mengurangi inflamasi, hingga membentuk kolagen. Untuk mencari tahu informasi lengkapnya, simak informasi di bawah ini!

1. Menjaga kelembapan kulit

Pexels.com/ rawpixel

Selain mengonsumsi air putih yang cukup, untuk memperoleh kulit yang lembap kamu juga disarankan untuk memberi perawatan lebih pada kulit dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit. 

Kamu bisa gunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam amino. Dikutip dari Byrdie, asam amino disebut-sebut mampu menjaga kesehatan dan kelembapan kulitmu. Asam amino ini bisa kamu temukan di dalam produk perawatan kulit seperti pembersih wajah, pelembap, hingga serum.

2. Meningkatkan retensi air

pexels.com/Anna Tarazevich

Ketika dikombinasikan dengan kandungan lain seperti hyaluronic acid dan glycerin asam amino ini dipercaya dapat meningkatkan kelembapan bahkan membuat kulit terasa lebih kenyal. 

Namun, sebelum menggunakannya secara bersamaan pastikan bahwa kulitmu cocok dengan kandungan-kandungan tersebut. Apabila kamu belum yakin, namun tetap ingin mencobanya, lakukan patch test terlebih dahulu, ya!

3. Melindungi kulit

pexels.com/Maggie Zhan

Kandungan antioksidan pada asam amino dipercaya mampu melindungi kulit dari kerusakan baik itu yang disebabkan oleh paparan sinar matahari maupun polusi. Kamu bisa gunakan produk yang mengandung asam amino secara teratur, maka kulitmu akan terlindungi dengan maksimal.

4. Mengurangi inflamasi

freepik.com/freepik

Inflamasi merupakan reaksi yang diberikan oleh kulit sebagai bentuk mekanisme pertahanan ketika tubuh sedang tidak baik-baik saja. Jika pada kulit, inflamasi umumnya terjadi lantaran terdapat kontak dengan kandungan yang tergolong iritatif.

Namun, inflamasi ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung asam amino. 

5. Membentuk kolagen

Unsplash.com/Fleur Kaan

Kolagen terbentuk dari asam amino. Agar tubuh memperoleh asam amino, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Di sisi lain, kamu juga bisa mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung asam amino. 

Itulah kelima manfaat asam amino untuk kesehatan kulitmu. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu mulai tertarik untuk menyertakan produk perawatan kulit yang mengandung asam amino ke dalam rangkaian rutinitas perawatan kulitmu?

IDN Channels

Latest from Skin