Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kesalahan dalam Memakai Sunscreen yang Perlu Dihindari

Hindari memakainya berlebihan hingga lupa memakainya lagi

Aulia Fitria

Sunscreen adalah salah satu produk skincare yang wajib digunakan setiap hari. Hal ini bertujuan melindungi kulitmu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, sunscreen juga dapat mencegah kamu dari penyakit kanker kulit. Meskipun faktor seseorang mengidap penyakit tersebut beragam, mencegahnya dengan mengaplikasikan sunscreen dengan rutin dan tepat merupakan langkah yang mudah untuk diterapkan bukan?

Selain mengaplikasikan dengan rutin, kamu juga perlu mengetahui cara memakainya dengan tepat, pasalnya ketika kamu salah mengaplikasikannya kulitmu tidak akan terlindungi dari paparan sinar matahari secara optimal. Lantas, apa saja kesalahan dalam mengaplikasikan sunscreen yang perlu kamu hindari?

1. Mengaplikasikan sunscreen terlalu banyak

freepik.com/freepik

Meskipun bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, mengaplikasikan beragam produk dalam satu waktu bisa membuat kulit kering, iritasi, hingga memproduksi banyak minyak dan masalah tersebut bisa berujung pada piling.

Terlebih produk-produk yang kamu gunakan merupakan produk berbahan dasar minyak atau krim yang teksturnya terlalu tebal. Untuk itu, aplikasikan produk skincare termasuk sunscreen secukupnya saja, asal bisa membuat kulitmu tetap lembap, dan terlindungi secara optimal.

2. Mengaplikasikan sunscreen terlalu sedikit

Pexels.com/rawpixel

Selain mengaplikasikannya terlalu banyak, mengaplikasikan sunscreen terlalu sedikit juga bukan hal yang tepat, lho. Pasalnya, ketika kamu mengaplikasikan sunscreen terlalu sedikit kulit kamu tidak akan terlindungi dengan optimal dari paparan sinar matahari.

Lantas, berapa takaran yang tepat dalam menggunakan sunscreen? Kamu bisa mengaplikasikan sebanyak dua ruas jari. Namun, karena setiap orang memiliki ukuran wajah yang berbeda-beda, maka kamu bisa menggunakan sunscreen sesuai dengan kebutuhanmu tetapi perlu diingat bahwa kamu tidak disarankan menggunakannya secara berlebihan.

3. Mengaplikasikannya tidak sesuai dengan urutan yang tepat

Freepik

Mengaplikasikan produk sesuai urutan memiliki peran yang cukup penting. Kamu bisa mulai aplikasikan produk skincare yang memiliki tekstur yang ringan terlebih dahulu, seperti toner dan serum, kemudian diikuti dengan produk yang teksturnya lebih tebal, seperti pelembap kemudian sunscreen.

Pasalnya, produk dengan tekstur yang yang tebal memiliki molekul yang besar dan ketika diaplikasikan terlebih dahulu maka bisa menghalangi produk dengan molekul yang kecil dan ini bisa berujung pada piling.

4. Langsung mengaplikasikan riasan wajah

freepik.com

Sebelum beralih ke produk lainnya, pastikan produk skincare termasuk sunscreen yang kamu gunakan ini menyerap ke kulit terlebih dahulu. Ketika kamu merasa bahwa wajahmu masih cukup basah, berarti produk tersebut belum benar-benar menyerap ke kulit. Kamu bisa tunggu selama 30-60 detik untuk beralih ke tahap selanjutnya.

5. Tidak mengaplikasikan kembali sunscreen yang digunakan

freepik.com

Agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari dengan optimal, mengaplikasikan ulang sunscreen merupakan hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Ketika diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali, kulit terbebas dari sunburn, penuaan dini hingga penyakit kulit berbahaya, yakni kanker kulit.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang tengah mengenakan riasan wajah? Mereka yang mengenakan riasan wajah bisa mengaplikasikan ulang sunscreen dengan sunscreen yang memiliki tekstur seperti bedak atau kerap disebut sebagai powder sunscreen. Kamu juga bisa menggunakan sunscreen spray untuk proses aplikasi yang lebih mudah.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin