Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kandungan Skincare yang Baik untuk Kesehatan Skin Barrier

Mulai dari ceramide hingga centella asiatica.

Aulia Fitria

Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang berfungsi sebagai pelindung. Skin barrier ini memiliki peranan yang penting untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan zat berbahaya, polusi, sinar matahari, hingga kuman dan bakteri.

Namun, apabila tidak rawat dengan saksama serta dibiarkan terpapar oleh zat-zat berbahaya, skin barrier ini bisa rusak. Untuk itu, menjaga kesehatan skin barrier dengan memilih produk skincare atau produk perawatan kulit yang tepat menjadi hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. 

Usut punya usut, ada berbagai kandungan produk perawatan kulit yang bisa menjaga kesehatan skin barrier kamu, lho, Bela. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, temukan jawabannya dengan scroll artikel di bawah ini!

1. Ceramide

pexels.com

Bela, pasti tidak asing dengan kandungan yang satu ini, kan? Ya, ceramide. Ceramide merupakan senyawa yang terdiri dari asam lemak.

Meskipun ceramide sudah terkandungan di dalam lapisan kulit terluar, menjaganya agar skin barrier tetap sehat dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat memperkuat skin barrier mu.

Selain menjaga kesehatan skin barrier, ceramide juga mampu menghidrasi kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, serta mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Squalene

intothegloss.com

Squalene juga dipercaya dapat menjaga kesehatan skin barrier. Squalene ini pada awalnya diperoleh melalui proses ekstraksi hati ikan hiu. Namun, perkembangan yang terjadi di dunia kecantikan membuat kandungan produk perawatan kulit yang satu ini dapat dibuat dari tumbuh-tumbuhan

Squalene juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan kulit, yakni, mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini, mengatasi masalah kulit yang cukup kompleks seperti eksim, serta membantu proses regenerasi kulit yang sebelumnya pernah mengalami kerusakan.

3. Hyaluronic acid

pexels.com

Hyaluronic acid merupakan kandungan yang paling umum ditemukan di dalam produk perawatan kulit. Hyaluronic acid juga disinyalir sebagai kandungan yang mampu menjaga kesehatan skin barrier. Hal ini terjadi lantaran hyaluronic acid bersifat humektan, kandungan yang bersifat humektan dapat menjaga kelembapan kulit.

Hyaluronic acid juga dipercaya dapat meredakan kemerahan yang disebabkan oleh iritasi, mempercepat penyembuhan luka, membuat kulit tampak elastis, serta membantu proses penyerapan produk perawatan kulit dengan maksimal.

4. Glycerin

byrdie.com

Glycerin juga termasuk ke dalam kandungan yang bersifat humektan lantaran dapat menjaga kulit agar tetap lembap. Glycerin ini umumnya bisa kamu temukan dengan mudah di dalam produk perawatan kulit, seperti pelembap.

Tak hanya merawat kesehatan skin barrier saja, glycerin juga memiliki manfaat lainnya seperti mencerahkan kulit, mencegah timbulnya komedo, serta mengurangi tampilan noda hitam akibat jerawat.

5. Centella asiatica

steemit.com

Centella asiatica atau daun pegagan merupakan tanaman liar yang berasal dari Asia Tenggara. Centella asiatica juga disebut-sebut mampu menjaga kesehatan skin barrier lantaran mengandung antioksidan yang tinggi.

Centella asiatica juga kaya akan kandungan antibakteri dan antiinfalamasi.  Selain menjaga kesehtan skin barrier, centella asiatica juga kerap digunakan untuk meredakan kulit yang mengalami kemerahan.

IDN Channels

Latest from Skin