Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kandungan Ini Bantu Atasi Kerutan Pada Kulit

Mulai dari retinoid hingga niacinamide

Aulia Fitria

Penuaan merupakan kondisi alamiah yang terjadi pada kulit seiring pertambahan usia. Meskipun tidak bisa dihindari, penuaan ini bisa kamu cegah dengan berbagai hal, yakni rutin mengaplikasikan pelembap, tabir surya, hingga menggunakan perawatan kulit tambahan yang mengandung retinoid, vitamin C, hingga peptida.

Langkah tersebut dinilai mampu mencegah terjadinya kerusakan kulit dan juga bisa meningkatkan produksi kolagen. Di samping merawatnya dari luar, kamu juga bisa merawat kulit dengan menjaga pola makan serta mulai rutin berolahraga. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol juga nyatanya bisa membantu memperparah penuaan.

Salah satu tanda nyata penuaan pada kulit yakni muncul kerutan baik itu di area dahi, bawah dan samping mata, hingga area pipi bagian dalam. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa mulai menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid, vitamin C, peptide, hyaluronic acid, serta niacinamide.

Untuk mencari tahu informasi lebih lengkap tentang manfaat kandungan-kandungan tersebut untuk mengatasi kerutan, keep scrolling, Bela!

1. Retinoid

freepik.com/master1305

Turunan vitamin A yakni retinoid dinilai ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya adalah kerutan. Kandungan yang satu ini diketahui mampu mempercepat pergantian sel kulit dan merangsang produksi kolagen sehingga kulit lebih kencang dan awet muda.

Di samping itu, ketika kulit memproduksi kolagen, kulit juga terlindungi dari kerusakan akibat polusi dan juga paparan sinar matahari. Kolagen juga berperan menjaga hidrasi kulit sehingga kulit lembap sepanjang hari.

2. Vitamin C

pexels.com/Karolina Grabowska

Kandungan antioksidan dan kolagen yang ada di dalam vitamin C berperan besar dalam peremajaan kulit sehingga kulit bebas dari berbagai macam tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan pada kulit misalnya. Di samping itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalam vitamin C mampu melawan radikal bebas.

Seperti yang kamu ketahui radikal bebas ini bisa merusak kolagen dan lipid yang mana bisa membuat kulit menjadi kering, sensitif, hingga kendur dan timbul kerut. Penggunaan yang benar dan teratur bisa membuat kulit tampak sehat dan awet muda.

3. Peptide

freepik.com

Selain menstimulasi kolagen yang mana bisa membuat kulit tampak lembap, kenyal, hingga bebas kerutan, peptide dipercaya mampu meredakan peradangan dan iritasi kulit. Peptide juga mengandung antioksidan yang mana bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga zat berbahaya lainnya.

Peptide juga bisa menstimulasi regenerasi kulit yang mana biasa mengurangi tampilan kerutan hingga membuat kulit menjadi tampak lebih halus dan sehat.

4. Hyaluronic acid

Pexels.com/rawpixel

Hyaluronic acid merupakan salah satu kandungan aktif yang cenderung aman digunakan oleh semua jenis kulit. Kandungan yang satu ini juga dinilai mampu meningkatkan kadar air pada kulit sehingga kulit tampak lebih lembap. Tahukah kamu bahwa hal tersebut berperan dalam menjaga kulit agar terbebas dari kerutan?

Lebih dari itu, hyaluronic acid juga bisa mempercepat proses penyembuhan masalah kulit seperti kemerahan, peradangan. hingga pembengkakan yang terjadi pada kulit.

5. Niacinamide

freepik.com/master1305

Niacinamide dikenal sebagai kandungan yang mampu mengontrol minyak pada kulit. Lebih dari itu, niacinamide bisa melembapkan kulit yang kering, mengobati jerawat yang membandel hingga bekasnya, serta mengurangi tampilan kerutan dan garis halus. Hal tersebut membuat niacinamide menjadi kandungan yang banyak digunakan untuk menjaga kulit agar tetap awet muda.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin