Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

SymWhite 377 Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja?

Hati-hati dalam menggunakan Symwhite 377

Audia Natasha Putri

Banyak sekali ragam kandungan aktif dalam skincare. Saking banyaknya, hal ini tentu membuat orang bingung saat akan memakainya. Berbagai pertanyaan pun muncul, salah satunya adalah SymWhite 377 tidak boleh dicampur dengan apa saja.

SymWhite 377 sendiri adalah kandungan aktif dalam skincare yang berasal dari molekul kristal putih. Bahan ini secara alami terdapat di pohon pinus. SymWhite 377 sering digunakan sebagai bahan skincare untuk mencerahkan wajah dan mengatasi wajah kusam.

Sebelum menggunakan skincare SymWhite 377, ketahui lebih dulu apa saja kandungan skincare yang harus diwaspadai dan tidak boleh digunakan bersama. Apa saja?

1. Sulfur

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Walau sulfur dan SymWhite 377 sama-sama bisa menyamarkan bekas jerawat, namun penggunaan bebarengan bisa terlalu berisiko buruk. Kedua bahan ini akan menciptakan reaksi kimia yang mengurangi efektivitasnya apabila dicampur bersamaan.

Reaksi dari sulfur bisa menyebabkan iritasi, kering, dan membuat kulit sensitif. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu memakai keduanya pada malam yang berbeda. 

2. Citric Acid

Pexels.com/Polina Kolavela

Citric acid merupakan bahan aktif pada skincare yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit mati. Bisa dibilang, bahan ini cukup keras untuk kamu yang belum terbiasa menggunakannya.

Sama halnya dengan SymWhite 377 yang mempunyai sifat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan vitamin C dan E. Oleh karena itu, hindari pemakaian SymWhite 377 dan citric acid secara bersamaan. Perpaduan keduanya bisa berpotensi merusak lapisan pelindung kulit dan membuat wajah mengalami breakout.

3. AHA/BHA

Unsplash.com/Kalos Skincare

SymWhite 377 juga mampu mencegah terjadinya peradangan karena sifatnya yang antiinflamasi. Symwhite 377 sendiri bekerja dengan cara menetralisir dan menenangkan kulit yang sedang iritasi dan aman untuk kulit sensitif. Memakainya bisa mengurangi peradangan pada jerawat parah, seperti jenis pustula dan papula. 

Sementara AHA/BHA bersifat eksfoliasi yang mampu membuat kulit iritasi dan kemerahan. Oleh karena itu, Symwhite 377 tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA karena dapat mengurangi efektivitas dari kedua produk tersebut. Selain itu, perpaduan keduanya bisa menimbulkan iritasi yang lebih parah.

4. Vitamin C

Pexels.com/Alesia Kozlik

SymWhite 377 tidak boleh dicampur dengan apa lagi? Jawabannya adalah vitamin C. Mengutip myskincare.id, bahan yang bersifat asam kuat seperti vitamin C dapat mengurangi efektivitas SymWhite 377 sebagai agen pemutih.

Selain itu, penggunaan bahan tersebut secara bersamaan justru bisa membuat kulit terlalu kering dan iritasi. Untuk meminimalkan risikonya, gunakan keduanya pada waktu berbeda. Misalnya, gunakan SymWhite 377 pada pagi hari dan vitamin C pada pagi hari. 

5. Centella asiatica

Unsplash.com/Sora Shimazaki

Centella asiatica mengandung bahan saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid. Jika bahan-bahan tadi digabung dengan SymWhite 377, maka bisa menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit. Oleh karena itu, Centella asiatica tidak boleh digabung dengan SymWhite 377.

Kamu bisa mengkombinasikan SymWhite 377 dengan bahan yang dapat mengurangi sebum. Misalnya, salicylic acid yang bisa meminimalisir produksi minyak di wajah.

6. Retinol

Pexels.com/Polina Kolavela

SymWhite 377 punya fungsi yang hampir sama dengan niacinamide, yaitu mencerahkan wajah dan mengurangi bekas jerawat dan kemerahan. Retinol atau retinoid menjadi bahan yang tidak dianjurkan untuk dicampur dengan SymWhite 377.

Hal ini karena efek samping dari penggunaan retinol yaitu dapat menyebabkan iritasi kulit bagi kamu yang belum terbiasa dengan penggunaan bahan ini.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, gunakan keduanya pada hari berbeda untuk memberi cukup waktu pada kulit untuk beradaptasi. Misalnya, jika kamu menggunakan SymWhite 377 di malam ini, kamu bisa menggunakan retinol di besok malamnya.

Itulah penjelasan SymWhite 377 tidak boleh dicampur dengan apa saja. Walau tidak dilarang secara tegas, tetapi mencampurkan SymWhite 377 dengan bahan-bahan di atas bisa membuat fungsinya tidak efektif. 

IDN Channels

Latest from Skin