Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apakah Sunscreen Boleh Dipakai di Malam Hari? Ini Jawabannya

Bisa dipakai malam hari, asalkan...

Audia Natasha Putri

Sunscreen atau tabir surya biasanya dipakai saat pagi atau siang hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Namun seiring berjalannya waktu, kini sunscreen juga bisa dipakai pada malam hari sebagai salah satu tahapan skincare.

Lantas yang jadi pertanyaan, apakah sunscreen boleh dipakai malam hari? Jawabannya tentatif ya, Bela. Sunscreen boleh dipakai saat malam hari, tergantung situasi dan kebutuhannya. Namun, ada beberapa ahli yang menganjurkan untuk tidak memakai sunscreen di malam hari karena alasan kesehatan kulit.

Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Apakah sunscreen boleh dipakai malam hari?

shutterstock.com

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari kita ketahui bahwa fungsi utama dari sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari matahari atau sinar UV.

Sebenarnya, sah-sah saja sunscreen dipakai pada malam hari. Namun, ini bukan jadi hal wajib dalam step skin care-mu. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa setelah menggunakan sunscreen di malam hari, kamu akan langsung tidur. Pastikan juga untuk selalu bersihkan wajah dengan baik, kalau perlu double cleansing.

Hal ini perlu dilakukan supaya sunscreen tidak menyumbat pori-pori wajah. Terutama jika sunscreen yang dipakai mengandung bahan comedogenic yang dapat menimbulkan jerawat dan komedo. 

Manfaat menggunakan sunscreen di malam hari

Walau penggunannya tentatif, ternyata memakai sunscreen di malam hari punya beberapa manfaat. Berikut ini adalah manfaatnya:

1. Menenangkan kulit yang terbakar

Pexels.com/anntarazevich

Sunscreen juga bisa dipakai untuk menenangkan kulit setelah terkena matahari. Ini karena beberapa sunscreen menyimpan kandungan yang menghidrasi kulit yang terbakar serta mencegah terjadinya pengelupasan dan peradangan.

2. Melindungi kulit dari photodamage

unsplash.com/kalosskin

Ternyata sinar UV dan sinar matahari bukan satu-satunya yang menyebabkan kerusakan kulit. Cahaya biru dari gawai seperti handphone, TV, dan smartphone ternyata bisa meningkatkan stres oksidatif pada kulit. 

Dampak negatifnya bisa menyebabkan kerusakan kulit menimbulkan kerutan. Namun Dengan memakai sunscreen di malam hari, kulit wajah akan terlindungi dari paparan sinar biru.

3. Melindungi dari melasma

Pexels.com/Moose Photos

Melasma atau bercak gelap yang tidak merata pada kulit merupakan efek samping dari paparan sinar matahari dan sinar biru pada kulit yang kerap mengganggu penampilan.  Kamu bisa memakai sunscreen di malam hari untuk mencegah melasma pada kulit wajah.

Kekurangan menggunakan sunscreen pada malam hari

shutterstock

Setelah menjabarkan kelebihannya, Popbela juga akan membahas kekurangan memakai sunscreen pada malam hari.

Perlu diketahui bahwa beberapa produk sunscreen mengandung bahan comedogenic dengan tekstur yang tidak ringan. Memakai jenis sunscreen ini terlalu sering dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Dari pori-pori tersumbat ini, muncul masalah jerawat dan komedo pada kulit wajah. 

Sebenarnya, fungsi dari tabir surya adalah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dari matahari dan mencegah kerusakan kulit. Jika menggunakan sunscreen pada malam hari, artinya manfaat utama dari sunscreen tersebut kurang maksimal. Langkah ini juga masuk pemborosan karena penggunaan sunscreen di malam hari tidak memberi manfaat signifikan bagi kulit.  

Nah, ternyata boleh-boleh saja memakai sunscreen di malam hari. Hanya saja, manfaat yang diberikan tidak semaksimal saat di pakai di pagi hari atau siang hari. Apalagi fungsi utama dari sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

IDN Channels

Latest from Skin