Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sebelum Beli Skincare, Pastikan 5 Hal Ini Dulu Girls!

Jangan beli skincare hanya karena lagi hype

Asri Muspita Sari

Tiap bulan ada saja gebrakan baru dari brand skincare. Entah itu launching produk baru atau reformulasi dari produk sebelumnya. Rasanya mau langsung check out biar nggak ketinggalan hype-nya. Eits, tapi tunggu dulu. Meskipun produk itu lagi hits dan banyak direkomendasikan influencer, belum tentu cocok buat kulitmu. 

Makanya, sebelum buru-buru beli skincare, ada lima hal penting yang wajib kamu pastikan biar nggak salah pilih. Apa saja itu? Let’s find out, Bela!

1. First thing first, kenali jenis kulitmu

123rf.com/liudmilachernetska

Kulit setiap orang itu beda-beda, Bela. Ada yang berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif. Selain itu, setiap jenis kulit butuh perawatan khusus dan nggak semua produk skincare cocok. Jadi, penting banget untuk tahu jenis kulitmu sebelum memutuskan untuk beli skincare.

Misalnya, kalau kamu punya kulit berminyak, pilih skincare yang bisa kontrol minyak berlebih. Atau kalau kulitmu kering, pilih produk yang fokusnya melembapkan. Pahami kebutuhan kulitmu dulu, baru bisa pilih produk yang pas.

2. Coba pikir dulu, apa sih masalah kulit yang mau Bela atasi?

123rf.com/bestyy38

Penting juga untuk mempertimbangkan masalah kulit yang mau kamu atasi, Bela. Coba pikir dulu deh, apa sih masalah kulit yang menurutmu paling mengganggu? Apakah jerawat, pori-pori besar, kulit kusam, atau tanda-tanda penuaan?

Jangan cuma ikut-ikutan beli skincare yang lagi viral, padahal sebenarnya kulitmu nggak butuh itu. Skincare yang kamu beli bukan cuma soal ikut tren, tapi untuk investasi kesehatan kulitmu di masa depan.

3. Riset kandungan skincare yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulitmu

123rf.com/ferli

Sudah tahu masalah kulit apa yang paling mengganggu? Sekarang waktunya Bela cari produk yang punya bahan aktif untuk mengatasinya. Kalau kulitmu kusam atau banyak bekas jerawat, berarti kamu butuh skincare yang punya kandungan bahan untuk mencerahkan seperti niacinamide dan vitamin C. 

Tapi, lain halnya kalau Bela mau fokus menghempas jerawat. Kamu bisa pakai skincare yang mengandung salicylic acid. Kulitmu dehidrasi? Pilih skincare yang ada hyaluronic acid atau ceramide-nya. So, pahami dulu kebutuhan kulitmu, baru deh bisa pilih produk yang pas.

4. Cek keamanan dan sertifikasi produknya

Dok. Sociolla

Keamanan kulit harus jadi prioritas utama! Jadi sebelum beli skincare, pastikan produk yang kamu pilih punya sertifikasi yang jelas, seperti dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Sertifikasi ini penting untuk memastikan produk yang kamu pakai aman digunakan. 

Jangan sampai tergoda produk dengan hasil instan atau harga yang murah tapi nggak jelas asal-usulnya. Apalagi, beberapa waktu lalu BPOM baru saja menggelar konferensi pers bersama Satgas Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor (Kosmetik Impor Ilegal) pada Senin, (30/9/2024). 

Konferensi pers tersebut memaparkan hasil pengawasan terhadap produk kosmetik impor ilegal dari Tiongkok, Filipina, Thailand, serta Malaysia yang mengandung bahan berbahaya dan kemungkinan produk palsu. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa produk ilegal atau tanpa izin edar ini dapat merugikan konsumen karena tak ada jaminan keamanan.

Dok. Sociolla

Selain itu, menurut Zulkifli, hal tersebut juga merugikan negara karena berkaitan dengan pajak dan merugikan industri yang sudah berkembang cukup baik di Indonesia. Popbela setuju banget sama pernyataan tersebut. Semua pihak dapat dirugikan karena produk kosmetik ilegal ini.

Produk kosmetik luar yang masuk ke Indonesia secara resmi dan sudah bersertifikat BPOM bisa dirugikan namanya akibat peredaran produk palsu ataupun ilegal. Salah satunya adalah COSRX, yang terkena dampak negatif dari peredaran produk ilegal. Padahal, COSRX sudah resmi masuk ke Indonesia sejak 2017 dan produknya telah memiliki sertifikasi BPOM. 

Tidak hanya merugikan pihak brand, konsumen pun turut dirugikan karena produk yang mereka gunakan tidak terjamin keamanannya. Selain itu, negara juga kehilangan pendapatan yang seharusnya diperoleh dari pajak impor dan bea cukai produk-produk resmi tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk lebih aware dan hati-hati lagi saat membeli skincare, Bela!

5. Beli di e-commerce atau toko resmi yang sudah terpercaya

Dok. Sociolla

Adanya informasi soal produk kosmetik palsu dan yang tidak bersertifikasi BPOM akhir akhir ini⁣ pasti bikin Bela khawatir, ‘kan? Tapi tenang, semua itu nggak akan terjadi kalau kamu beli produk kosmetik di e-commerce atau toko resmi yang sudah terpercaya.

Seperti produk COSRX yang bisa kamu beli di offline store, marketplace resmi dan website Sociolla atau aplikasi SOCO. Di Sociolla, Bela bisa belanja produk yang sudah 100% bersertifikasi BPOM dan terjamin keasliannya. 

Nggak apa-apa kok beli produk yang harganya sedikit lebih mahal di official store, tapi produknya sudah pasti aman dan terjamin ori. Daripada beli di toko yang menawarkan harga murah tapi keaslian produknya masih diragukan. Sepakat, Bela? (WEB?AMS)

IDN Channels

Latest from Skin