Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Serba-Serbi Nail Art French, Intip Cara Membuatnya

Rahasia tampilan kuku cantik dan elegan

Wahyu Fitri Utami

Salah satu tren kecantikan kuku yang cukup populer dan terus bertahan sepanjang zaman adalah nail art french. Style nail art yang satu ini dikenal karena desainnya yang minimalis, namun tetap elegan dan cocok digunakan untuk berbagai acara.

Meskipun terlihat sederhana, membuat french manicure membutuhkan ketelitian dan teknik khusus agar hasilnya sempurna. Berikut ini Popbela akan mengupas lebih dalam mengenai sejarah, ciri khas, dan cara membuat nail art french sendiri. Yuk, simak!

1. Apa itu nail art french?

instagram.com/parya.nailbar

Nail art french merupakan salah satu style manicure klasik yang menonjolkan tampilan kuku yang sehat, natural, dan elegan. Warna cat kuku yang digunakan biasanya warna-warna soft dan netral seperti, warna bening atau transparan, merah muda, hingga nude atau cokelat muda.

Desain nail art french terbilang sederhana, yaitu hanya ujung kuku yang diberi cat warna. Meski begitu, pembuatannya memerlukan ketelitian pada bagian free edge atau tepi batas kuku agar hasilnya rapi dan presisi, lho.

French manicure sering dikaitkan dengan tren kecantikan MNBB (My Nails But Better) yang mengedepankan tampilan kuku yang sehat dan alami namun tetap memukau. Desain kuku ini menjadi favorit banyak orang karena desainnya yang timeless atau tak lekang oleh zaman.

Nail art french cocok digunakan bagi kamu yang menginginkan kesan feminin dan kecantikan alami dalam penampilanmu.

2. Sejarah nail art french

instagram.com/aligance_beauty

Meskipun namanya nail art french, namun desain kuku ini sebenarnya tidak berasal dari Prancis. Nail art french bermula di Hollywood pada tahun 1970-an ketika Jeff Pink, pendiri merek cat kuku Orly, menciptakan desain kuku yang netral supaya cocok dengan berbagai busana yang dikenakan oleh publik figur pada kala itu.

Nail art french lahir dari tangan dingin Jeff Pink yang berusaha menciptakan sebuah terobosan baru untuk gaya nail art yang hemat waktu, namun tetap menyatu dengan banyak model busana. Gaya nail art french pun sempat digunakan oleh Max Factor, produsen produk kecantikan ternama, dan menjadi makin populer secara luas.

3. Ciri khas nail art french

instagram.com/houseofnaf

Nail art french memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dari style manicure kuku lainnya. Beberapa ciri khas nail art french antara lain sebagai berikut:

  • Ujung kuku berwarna putih atau netral

Bagian free edge kuku biasanya dicat dengan warna putih atau warna netral. Warna tersebut memberikan kesan tampilan kuku yang bersih dan rapi.

  • Menggunakan warna netral untuk base atau dasar kuku

Warna dasar kuku pada nail art french biasanya sengaja dibiarkan menggunakan warna alami kuku. Namun, bisa juga dicat dengan warna-warna transparan seperti merah muda atau nude untuk memberikan kesan kuku yang sehat dan alami.

  • Memberikan kesan rapi dan elegan

Nail art french menggunakan perpaduan warna-warna yang minimalis sehingga cocok digunakan sehari-hari ataupun pada acara-acara tertentu, baik acara formal maupun kasual.

4. Cara membuat nail art french

instagram.com/mbracebeautyandnails

Pada awalnya, nail art french hanya menggunakan kombinasi warna putih dan natural. Namun, saat ini muncul berbagai variasi modern nail art french yang dimodifikasi menggunakan berbagai warna, seperti merah, kuning, bahkan hijau.

Meskipun sekarang banyak variasi nail art french, namun ciri khas style nail art yang hanya mewarnai ujung kuku tetap dipertahankan.

Jika kamu tertarik untuk membuat nail art french tanpa perlu repot dan hemat waktu, kamu bisa datang ke salon kecantikan terdekat untuk treatment. Namun, jika ingin mencoba membuat nail art french sendiri di rumah kamu bisa mengikuti beberapa tutorial berikut ini.

  1. Pastikan kuku dalam keadaan bersih dan dipotong rapi. Kuku yang bersih akan memastikan hasil akhir yang maksimal.
  2. Aplikasikan base coat atau lapisan dasar pada kuku. Base coat ini penting untuk melindungi kuku dari cat dan memastikan cat bertahan lebih lama.
  3. Setelah mengaplikasikan base coat, buatlah ujung kuku. Gunakan kuteks putih atau nude untuk mengecat bagian ujung kuku. Jika merasa sulit, kamu bisa menggunakan panduan berupa stiker nail art atau alat bantu lainnya agar hasilnya rapi.
  4. Terakhir, lapisi dengan top coat. Setelah selesai mengecat, oleskan top coat untuk menambah kilau pada kuku sekaligus menjaga cat agar tidak mudah terkelupas.

Nail art french merupakan style nail art yang tak lekang oleh zaman. Mulai dari sejarahnya yang unik hingga variasi modern yang semakin berkembang, style ini tetap menjadi favorit banyak orang. Apakah Bela tertarik untuk mencoba nail art french?

IDN Channels

Latest from Make Up