Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Touch Up Makeup Crack agar Kembali Flawless 

Jangan panik, ternyata ini cara yang bisa kamu lakukan

Shavira Annisa

Makeup crack sering menjadi masalah bagi banyak perempuan, terutama saat beraktivitas seharian. Makeup yang tadinya flawless perlahan mulai memudar, crack, atau bahkan bergeser di beberapa area seperti sekitar hidung, dahi, atau di bawah mata. Tentu saja ini memengaruhi kepercayaan diri kamu. 

Namun, dengan teknik touch up yang tepat, tentu saja makeup crack bisa dengan cepat diatasi dengan cepat dan penampilan kamu kembali memesona. Kamu bisa simak artikel ini untuk tahu cara touch up makeup crack agar fresh lagi! 

1. Angkat sebum berlebih

ebay.co.uk

Sebelum menambah layer makeup, bersihkan dulu sebum berlebih dan makeup yang sudah retak. Gunakan tisu atau blotting paper untuk menyerap minyak, terutama di area T-zone. Pastikan kamu menepuk-nepuk dengan lembut, bukan menggosok, agar tidak menghapus makeup secara berlebihan.

2. Semprotkan face mist

byrdie.com

Setelah membersihkan minyak, semprotkan face mist untuk memberikan kembali kelembapan pada kulit. Face mist juga akan membantu menyegarkan tampilan makeup dan membuat kulit lebih siap menerima layer makeup berikutnya. Tunggu beberapa detik hingga mist menyerap sempurna ke kulit kamu. Pastikan untuk memilih face mist sesuai dengan jenis kulit, ya. 

3. Perbaiki area yang crack gunakan cushion atau foundation

firstclasse.com.my

Gunakan cushion atau foundation dengan tekstur ringan untuk memperbaiki area makeup yang sudah crack. Tepuk-tepuk secara perlahan menggunakan beauty sponge. Hindari mengaplikasikan foundation terlalu banyak dan tebal, karena akan membuat tampilan makeup lebih berat dan semakin crack.

4. Aplikasikan concealer untuk area bawah mata

realsimple.com

Jika makeup di area bawah mata sudah luntur atau crack, aplikasikan sedikit concealer dengan tekstur cair. Tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan jari manis atau beauty sponge hingga menyatu kembali dengan kulit. Hindari menggunakan concealer dengan konsistensi yang thick karena akan mempertegas garis halus.

5. Set dengan bedak tabur

trishmcevoy.com

Setelah memperbaiki foundation dan concealer, kini saatnya menggunakan bedak tabur untuk mengunci keseluruhan makeup. Kamu bisa gunakan kuas kecil atau spons dan aplikasikan dengan gerakan menepuk, terutama di area yang lebih berminyak. Sebaiknya pilih bedak tabur dengan hasil natural agar tampilan kamu tidak terlihat berlebihan. 

6. Rapikan alis dan riasan mata

instyle.com

Setelah complexion sudah selesai, saatnya merapikan alis dan riasan mata. Jika bentuk alis kamu mulai pudar, gunakan pensil alis untuk mengisi kembali area yang kosong. Sedangkan, untuk makeup mata, tambahkan eyeshadow di area yang mulai memudar. Jangan lupa untuk memastikan eyeliner dan maskara, apakah sudah luntur atau belum, jika sudah segera perbaiki, ya. 

7. Semprotkan setting spray

firstforwomen.com

Setelah selesai melakukan touch up, kini saatnya mengunci kembali makeup dengan setting spray. Langkah ini penting agar makeup tetap tahan lama dan tidak cepat rusak setelah diperbaiki. Pilih setting spray yang sesuai dengan jenis kulitmu agar hasilnya lebih maksimal. 

Ternyata cara touch up makeup crack tidak sulit ya, Bela. Kamu bisa mengapalikasikan tujuh cara di atas dan kembali miliki riasan flawless. Jangan lupa untuk selalu membawa beberapa produk, seperti cushion, concealer, bedak, dan setting spray saat beraktivitas agar touch up menjadi lebih mudah. 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Make Up