Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengetahui Tone Makeup Terbaik Sesuai Warna Kulit

Awas, jangan sampai keliru!

Astri Amalia

Sebagai seorang perempuan, mengoleksi beragam produk makeup, mulai dari produk complexion—seperti foundation dan bedak—blush on, eye shadow, hingga lipstick memang jadi kepuasan tersendiri. Namun, kamu mesti tahu tone makeup yang sesuai dengan warna kulitmu, Bela. Jangan sampai punya banyak produk makeup, tapi nggak ada satu pun yang cocok dengan warna kulitmu. Bukannya terlihat flawless, makeup yang kamu gunakan malah bikin wajahmu terlihat kusam!

Nah, dalam sesi talkshow The Power of Color: Understanding The Importance of Color Theory pada acara BeautyFest Asia Yogyakarta hari pertama, personal color analyst, Erina, membagikan cara mengetahui tone makeup sesuai dengan warna kulit. Yuk, simak!

Cari shade foundation yang paling mendekati warna bare face kulitmu

Dok. IDN Media

Di mulai dari produk complexion, untuk menemukan tone makeup yang sesuai dengan kulit, Erina mengatakan penting untuk mencari shade cushion ataupun foundation yang sesuai dengan warna kulit kita saat tidak menggunakan makeup apa pun, alias bare face.

Ia kemudian menyebutkan bahwa banyak orang yang salah saat mencari shade foundation karena hanya memperhatikan undertone kulitnya. Padahal, penting untuk memperhatikan overtone atau warna kulit terluar demi mendapatkan shade foundation yang sesuai dengan kulit.

"Pertama kalau kita pilih cushion, foundation, itu patokan kita adalah skin tone kita, bukan hanya undertone. Skin tone itu dibangun oleh dua macam warna, yang pertama adalah skin overtone, atau warna kulit terluar kita yang biasanya mudah kita kenali," jelas Erina.

"Nah, di bawah kulit itu ada yang namanya skin undertone yang dia memberikan rona yang semburat dari dalam. Dua warna ini bercampur menjadi satu menghasilkan skin tone-nya kita. Jadi kalau kita cari complexion, patokan kita bukan cuma undertone, karena overtone juga berpengaruh. Jadi undertone plus overtone yang jadi patokan kita," lanjutnya.

Erina juga mengatakan, kita perlu mencoba beberapa sample makeup sebelum membeli. Tujuannya agar kita mengetahui mana yang cocok dengan warna kulit masing-masing. Untuk mencobanya, Erina menyarankan agar kondisi kulit sedang tidak memakai makeup alias bare face.

"Colek aja dikit (sample foundation), tempelin di pipi, tapi harus bare face, jangan kena makeup dulu. Abis itu coba beberapa shade, terus cari yang lainnya kira-kira 5 sampai 10 menit. Abis itu balik lagi ngaca, kira-kira yang paling mirip sama bare face-nya kita yang mana. Yang jadi panu nggak boleh dipilih. Kan suka ada yang putih banget terus jadi panu ya. Jadi bopeng juga nggak boleh. Kegelapan nggak boleh. Beda warna juga nggak boleh. Jadi harus yang 11-12. Itulah warna shade complexion kita," kata Erina.

Undertone hanya menjadi patokan bagi pemilihan warna lipstick hingga eyeshadow

Dok. IDN Media

Berbeda dengan produk complexion yang menjadikan undertone dan overtone sebagai acuan, Erina menyebut penentuan warna produk makeup seperti lipstick, blush on, hingga eye shadow hanya mengacu kepada undertone.

"Nah, tapi kalau untuk urusan pilih blush, lipstick, eye shadow, patokan kita undertone, itu yang benar," ungkap Erina

Setelah membaca informasi di atas, jangan sampai salah lagi untuk memilih tone makeup yang sesuai dengan warna kulitmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Make Up