Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Makanan untuk Menaikkan Berat Badan, Ada Cokelat

Nggak perlu bingung lagi cari tambahan asupan kalori

Wahyu Fitri Utami

Menaikkan berat badan bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang, seperti halnya mengurangi berat badan. Terutama bagi kamu yang bertubuh kurus atau kecil, memiliki badan ideal menjadi hal yang diinginkan.

Meskipun begitu, menambah berat badan memerlukan strategi khusus. Kamu bisa mulai memilih makanan sehat yang berkalori tinggi untuk mencapai penambahan berat badan yang sehat dan ideal.

Ada beberapa makanan dengan kandungan gizi yang mampu meningkatkan jumlah kalorimu. Berikut makanan untuk menaikkan berat badan yang bisa ditambahkan ke daftar menu makan harianmu.

1. Nasi

pexels.com/Cats Coming

Nasi merupakan sumber karbohidrat utama yang dianggap efisien dan praktis untuk meningkatkan jumlah kalori harian. Per 100 gram nasi putih mengandung 130 kalori dan 28,2 gram karbohidrat. Makanan padat kalori dan gizi ini dapat menjadi salah satu makanan untuk menaikkan berat badan.

Kamu bisa memilih menggunakan nasi putih atau merah untuk asupan energi yang cepat dan mudah dicerna. Untuk menambah variasi, tambahkan lauk dan sayuran agar semakin memperkaya nutrisinya.

2. Kentang

pexels.com/Daniel Dan

Selain nasi, kentang juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk menaikkan berat badan. Kandungan gizi dalam kentang menyediakan energi dalam bentuk glukosa yang nantinya disimpan sebagai glikogen.

Glikogen berperan menjadi energi tambahan saat beraktivitas atau olahraga. Kentang juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Per 100 gram kentang rebus memiliki sekitar 87 kkal dan 20,1 gram karbohidrat untuk tubuh.

3. Daging Merah

pexels.com/Skyler Ewing

Daging merah dikenal sebagai sumber protein dan lemak sehat yang penting untuk membangun massa otot dan menambah asupan kalori. Protein dalam daging merah membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot, sementara lemak sehatnya memberikan energi tambahan.

Kamu bisa memilih potongan daging merah yang berlemak seperti daging sapi bagian sirloin. Mengonsumsi daging merah dengan sayuran panggang atau nasi juga bagus untuk menambah asupan kalori secara sehat.

4. Telur

pexels.com/Pixabay

Telur dikenal sebagai makanan untuk menggemukkan badan dan kaya akan gizi. Per 100 gram telur ayam utuh memiliki 154 kalori, 12,4 gram protein, 10,8 gram lemak, dan 0,7 gram karbohidrat.

Apalagi, kuning telurnya punya semua zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Telur bisa menjadi salah satu pilihan untuk menaikkan berat badan yang praktis karena mudah ditemukan di mana pun.

5. Smoothie

pexels.com/Element5 Digital

Smoothie menjadi cara yang mudah dan lezat untuk menambah kalori serta nutrisi dalam pola makan sehari-hari. Kamu bisa mencampur berbagai buah-buahan, sayuran hijau, yogurt, atau susu dalam smoothie untuk meningkatkan asupan kalori, protein, dan vitamin. Jangan lupa tambahkan oatmeal, almond butter, atau whey protein untuk meningkatkan nilai gizi smoothie yang kamu buat.

6. Yogurt

pexels.com/Any Lane

Hasil fermentasi dari susu ini ternyata bisa menjadi makanan untuk menaikkan berat badan. Yogurt memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tiap 100 gram yogurt mengandung sekitar 97 kkal, 9 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 5 gram lemak.

Makanan sumber probiotik ini bisa kamu olah dalam berbagai hidangan yang lezat. Misalnya saja dicampurkan dengan granola ataupun madu.

7. Salmon

pexels.com/Robert Bogdan

Salmon merupakan ikan yang kaya akan sumber protein, sama halnya dengan daging merah. Per 6 ons salmon fillet memiliki kandungan 250 kalori, 12 gram lemak sehat, dan 37 gram protein berkualitas tinggi.

Kandungan omega 3 pada ikan ini juga bagus dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa mengolah ikan salmon ini menjadi beragam olahan yang enak.

8. Cokelat Hitam

pexels.com/Lisa Fotios

Siapa yang suka cokelat? Hampir semua perempuan suka memakan cokelat karena dinilai mampu mengembalikan mood. Cokelat juga bisa menjadi makanan yang membantu menambah berat badan.

Satu batang cokelat hitam memiliki 600 kalori, magnesium, serat, hingga antioksidan yang bagus untuk tubuh. Soal gula, tidak perlu khawatir. Kandungan gula pada cokelat hitam cukup rendah daripada cokelat susu.

Demikian 8 makanan untuk menaikkan berat badan yang bisa kamu coba. Beberapa makanan di atas dapat membantumu dalam meningkatkan asupan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun begitu, jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam porsi yang cukup, ya!

IDN Channels

Latest from Health