Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

3 Cara Memijat Pergelangan Tangan yang Sakit, Sudah Tahu?

Solusi efektif untuk nyeri ringan di pergelangan tangan

Wahyu Fitri Utami

Pergelangan tangan yang sakit bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri dan tidak nyaman di area ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera, kram otot, atau lainnya. Nah, salah satu cara mudah untuk meredakan nyeri tersebut ialah dengan memijatnya.

Selain dapat mengatasi rasa sakit yang muncul, memijat pergelangan tangan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah hingga fleksibilitas. Meskipun begitu, kamu tidak bisa sembarangan memijatnya untuk meminimalisir cedera yang lebih parah.

Jika kamu mengalami kondisi ini, ada baiknya perhatikan 3 cara memijat pergelangan yang sakit berikut ini.

1. Menggosok area lengan

freepik.com

Cara memijat pergelangan tangan yang sakit pertama ialah dengan menggosok area lengan bagian bawah. Hal ini bisa kamu lakukan karena otot lengan bagian bawah bertugas dalam mengontrol area pergelangan tangan. Caranya cukup mudah.

Genggam lengan sisi kanan atau kiri yang sakit, lalu tekan di bagian bawah lengan secara perlahan menggunakan jari-jari. Kemudian dorong ke arah pergelangan tangan. Lakukan gerakan ini secara berulang.

Kamu juga bisa menggunakan minyak pijat untuk memberikan sensasi nyaman dan membantu tanganmu meluncur lebih mudah di kulit.

2. Memijat area telapak tangan

freepik.com

Setelah menggosok area lengan, saatnya beralih ke telapak tangan. Bagian ini juga dapat membantu meredakan nyeri di pergelangan tangan karena banyak saraf dan titik tekan yang ada di telapak tangan.

Pijat di area telapak tangan juga dapat memberi efek relaksasi sehingga mampu meredakan stres. Kamu bisa mulai dengan memijat bagian pangkal ibu jari secara lembut selama beberapa menit hingga rasa sakit menghilang.

3. Gunakan alat bantu

freepik.com

Cara memijat pergelangan tangan yang sakit terakhir ialah dengan menggunakan alat bantu. Salah satunya kamu bisa memanfaatkan keberadan bola tenis untuk memijat di area pergelangan tangan yang sakit.

Cukup gelindingkan bola tenis dengan kuat pada bagian yang terasa sakit. Lalu ulangi hingga rasa sakit berangsur hilang.

Bola tenis juga bisa diganti dengan barang-barang lain, seperti botol air es, batu yang halus, atau pemindah gigi mobil. Cara ini dianggap cukup efektif untuk meredakan rasa nyeri, meski harus rutin dalam melakukan pemijatan.

Cara pijat pergelangan tangan di atas bisa dilakukan saat rasa sakitnya masih ringan atau dapat ditoleransi. Jika nyeri semakin parah, jangan menunda waktu untuk konsultasi pada dokter.

IDN Channels

Latest from Health