Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Obat, Ini 7 Cara Mudah Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Mencegah penyakit lain juga lho!

Vidya Nathania

Beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi, seringkali berpikir bahwaobat-obatan adalah satu-satunya langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Padahal, ada cara lain yang jauh lebih mudah untuk dilakukan lho.

Berikut 7 cara mudah mengontrol tekanan darah tinggi yang tentunya merupakan bagian sederhana yang terkadang kurang diperhatikan. Sudah saatnya untuk mengubah pola hidup ya. Yuk ikuti terus artikel di bawah ini!

1. Rajin berolahraga

pexels.com

Olahraga yang dimaksud tak selalu kegiatan yang berat dan membutuhkan tenaga ekstra tetapi kegiatan ringan yang lebih banyak membantu menjaga tekanan darah agar tidak naik seperti jogging, berjalan cepat, berenang, bersepeda, dan lain lain. Beberapa kegiatan ini juga menjaga jantungmu agar sehat. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu secara rutin ya.

2. Perhatikan ukuran pinggang dan berat badan

pexels.com

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya letak hubungan antara ukuran pinggang, berat badan dengan tekanan darah. Ketahuilah bahwa saat berat badan meningkat dan ukuran pinggang yang melebihi batas normal dapat berisiko membuat tekanan darahmu semakin tinggi lho. Untuk itu, lakukan langkah 3 di bawah ini.

3. Lakukan diet sehat

pexels.com

Salah satu cara mudah mengontrol tekanan darah tinggi adalah diet. Diet yang dimaksud bukan diet tidak makan sama sekali ya Bela, tetapi menghindari makanan yang kurang sehat dan lebih banyak mengonsumsi makanan sehat seperti nasi merah, sayur dan buah-buahan. Jauhi makanan produk dan junk food agar tidak mengganggu program diet-mu.

4. Kurangi mengonsumsi kafein

pexels.com

Walau mengonsumsi kafein dapat membuatmu terjaga dan segar sepanjang hari, namun ada kalanya kamu harus memerhatikan kerugian yang dihasilkan ketika mengonsumsinya. Sebaiknya kurangi asupannya dan ganti lebih banyak konsumsi makanan atau minuman yang bergizi.

5. Hindari makanan yang tinggi sodium

pexels.com

Sodium yang dikenal baik bagi pemilik tekanan darah rendah dapat menjadi musuh terbesar untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Untuk menghindarinya, kamu cukup belajar untuk mengonsumsi makanan yang tidak asin dan lebih detail membaca daftar kandungan makanan pada kemasan makanan yang hendak kamu beli.

6. Belajar tenang saat stres akan menyerang

pexels.com

Mungkin hal ini terdengar cukup sulit, namun ketahuilah bahwa kamu dapat melakukannya perlahan dengan melatih kesabaranmu. Karena stres yang memuncak akan berakibat sangat fatal pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya belajar untuk mengontrol saat stres mulai melanda.

7. Minta dukungan orang sekitarmu saat melakukan hal-hal ini

pexels.com

Jika hal-hal di atas tidak dilakukan di bawah pengawasan dokter, sebaiknya kamu harus mencari orang sekitarmu untuk mendukung yang kamu lakukan. Biarlah mereka menyemangatimu ketika kamu mulai bosan menjalani gaya hidup sehat ini.

Nah, cara mudah untuk mengontrol tekanan darah tinggi ini juga sangat membutuhkan kedisiplinan dan ketekunan untuk dapat melakukannya dalam jangka waktu panjang. Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Channels

Latest from Health