Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Makanan yang Membuat Kulit Putih dan Cerah Alami

Kulit cerah dan sehat

Nafi' Khoiriyah

Kulit yang cerah sehat bukan hanya diusahakan dengan menggunakan skincare saja. Kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh karena akan berpengaruh pada kesehatan kulit juga. 

Ada sejumlah makanan yang membuat kulit putih dan cerah untuk dikonsumsi sehari-hari. Kebanyakan dari makanan ini adalah buah-buahan yang di dalamnya mengandung berbagai vitamin.

Lihat selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Alpukat

pexels.com/Anne

Makanan yang membuat kulit putih pertama adalah alpukat yang mengandung banyak lemak baik. Buah yang satu ini juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit, seperti meredakan kemerahan dan menjaga kelembapan kulit. Kandungan vitamin E dan antioksidan di dalamnya pun bisa mencerahkan kulit serta mengatasi penuaan, lho. 

2. Timun

freepik.com/Jcomp

Seperti yang kamus sering temukan dalam produk perawatan kulit, timun memang memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Kandungan mentimun yang 96 persen air akan menjaga kulit tetap terhidrasi jika dikonsumsi secara teratur.

Selain itu, makanan yang satu ini juga kaya antioksidan, kalium, dan vitamin C yang mampu memberi efek mencerahkan pada kulit. 

3. Lemon

pexels.com/Elle Hughes

Kandungan lemon yang kaya akan ascorbic acid membuatnya memiliki antioksidan alami. Hasilnya, mengonsumsi lemon bisa mengilangkan radikal bebas pada kulit. Mulai dari kotoran, debu, maupun zat lain yang bisa menyebabkan kerusakan kulit akan menjadi hilang jika kamu mengonsumsinya secara rutin. 

4. Strawberry

pexels.com/Dana Tentis

Makanan yang membuat kulit putih yang selanjutnya adalah strawberry. Buah yang satu ini kaya akan nutrisi, terutama vitamin C yang bisa mencerahkan kulit.

Vitamin C tersebut juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang bisa meratakan warna kulit dan membuatnya makin cerah. Kulit pun akan lebih elastis dan kencang jika kamu mengonsumsinya secara rutin. 

5. Tomat

pexels.com/Dmitry Demidov

Tomat bisa membuat kulit wajah menjadi cerah dan bercahaya secara alami. Di dalamnya juga terdapat likopen yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Likopen tersebut yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan membuatnya cepat diserap. Bahkan, kandungannya dapat mencegah pori-pori tersumbat maupun timbulnya jerawat pada kulit. 

6. Nanas

pexels.com/Karolina Kaboompics

Banyak ditemukan di sini, nanas ternyata menjadi salah satu makanan yang membuat kulit putih. Selain vitamin C, di dalam buah ini terdapat enzim bromelain yang bisa menyamarkan noda dan garis halus. Kulit pun terasa lebih lembut dan kenyal serta tekstur kulit menjadi lebih halus. 

7. Jeruk

pexels.com/Pixabay

Masalah yang biasanya dialami oleh banyak orang seiring dengan bertambahnya usia adalah warna kulit yang kusam, kering, dan pucat. Bintik-bintik penuaan pun sering muncul karena paparan sinar matahari.

Nah, jeruk bisa membalikkan efek penuaan dan mengurangi efek kerusakan sinar matahari. Sebab, di dalam jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas. 

8. Bawang putih

pexels.com/Karolina Grabowska

Meski hanya sering digunakan sebagai bumbu, bawang putih ternyata salah satu makanan yang membuat kulit putih. Makanan yang satu ini bisa membersihkan darah dan membantu membuang kotoran.

Pada kulit, bawang putih bisa membantu mengatasi masalah jerawat dan antioksidan yang bisa memperlambat proses penuaan. Kulit wajah pun menjadi lebih bersih dan cerah setelah mengonsumsinya. 

9. Walnut

Pexels.com/Right Light

Walnut atau kacang kenari bisa berperan untuk membentuk membran sel. Membran sel itu bisa membantu menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan terhidrasi. Makanan ini juga memiliki sumber antioksidan yang akan mengurangi kerusakan kulit dan mencerahkan warna kulit. 

10. Bayam

pexels.com/Jacqueline Howell

Terakhir, bayam diperkaya vitamin A yang akan meredakan kulit kering dan gatal. Sayuran ini juga akan membuat kulit lebih halus karena kaya akan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A. Dengan konsumsi bayam yang mentah, maka manfaatnya akan makin maksimal untuk membuat kulit lebih halus dan berseri. 

Itu dia 10 makanan yang membuat kulit putih dan cerah secara alami. Meski hasilnya tidak akan terlihat secara instan, tetapi kamu bisa rutin mengonsumsinya untuk kesehatan kulit maupun tubuh secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat, ya!

IDN Channels

Latest from Health