Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas agar Lembap

Mengatasi secara ampuh

Nafi' Khoiriyah

Masalah kulit yang sering dialami banyak orang salah satunya di area bibir. Bibir yang kering dan mengelupas merupakan permasalahan yang paling sering dialami. 

Jika dibiarkan, bibir dengan kondisi seperti itu makin lama bisa berdarah. Memakai lipstik yang bermacam-macam pun tidak bisa menutupi kondisi tersebut. 

Maka dari itu, cara mengatasi bibir kering dan mengelupas di bawah ini bisa jadi solusinya. Simak, ya. 

1. Gunakan pelembap bibir

pexels.com/Tree of Life Seeds

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan pelembap bibir. Namun, jangan gunakan pelembap bibir yang sembarangan, ya. 

Sebab, beberapa bahan pelembap bibir justru bisa membuat bibir menjadi makin kering. Misalnya adalah pelembap bibir yang mengandung mentol atau perasa mint. Hal itu bisa mengeringkan dan membuat bibir makin pecah-pecah. 

Sebaliknya, hindari produk pelembap bibir yang beraroma. Carilah produk yang mengandung bahan pelembap, seperti petroleum, lanolin, beeswax, atau ceramides. 

2. Minum air yang cukup

pexels.com/Karolina Grabowska

Penyebab utama dari bibir pecah-pecah sebenarnya adalah dehidrasi. Meski kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi ada baiknya untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. 

Saat tubuh dehidrasi, maka tubuh akan menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel-sel tetap terhidrasi. Hal itu bisa menyebabkan bibir pun menjadi kering. 

Adapun jumlah air putih yang harus dikonsumsi seseorang bisa sangat bervariasi tergantung dengan usia, jenis kelamin, hingga aktivitas seseorang. 

3. Jangan menjilat bibir

freepik.com/freepik

Saat bibir terasa kering, biasanya orang justru menjilati, menggigit, atau mengutak-atik bibir. Meski terasa wajar, tetapi ternyata itu bisa memperburuk masalah pada bibir. 

Jika kamu tanpa sadar menjilati bibir, maka atasi dengan menggunakan pelembap bibir yang tidak mengiritasi. 

4. Jangan melakukan eksfoliasi

freepik.com/freepik

Ada pro dan kontra soal mengeksfoliasi bibir saat kondisinya kering dan pecah-pecah. Melansir WebMD, cara mengatasi bibir kering dan mengelupas justru dengan tidak melakukan eksfoliasi. 

Eksfoliasi bisa memperparah kerusakan pada bibir yang pecah-pecah. Sebaliknya, oleskan lip balm atau pelembap bibir untuk mengatasinya. 

5. Pilih produk bibir yang tidak mengiritasi

pexels.com/Karolina Grabowska

Selain memilih pelembap yang tepat, kamu pun perlu memilih produk perawatan bibir yang lainnya yang tidak mengiritasi. Carilah lipstik dan produk bibir lainnya yang mengandung bahan yang melembapkan. 

Kandungan bahan yang perlu kamu cari sebaiknya mengandung castor seed oil, ceramides, dimethicone, atau mineral oil. Pastikan pula produk bibir tersebut tidak mengandung pewangi dan bahan yang memicu alergi, seperti mentol, eucalyptus, atau camphor. 

6. Jangan memegang benda asing dengan bibir

freepik.com

Selain karena menjilat bibir, memegang benda yang terbuat dari logam atau benda asing lainnya dengan bibir juga bisa memperparah bibir kering. 

Selain itu, reaksi alergi akibat bahan dalam riasan, perawatan kulit, atau pasta gigi juga bisa membuat bibir pecah-pecah. Maka dari itu, perhatikan bahan-bahan yang kamu gunakan pada bibir supaya tidak memperparah kondisinya. 

7. Gunakan perawatan bibir alami

freepik.com

Jika kamu bingung saat mencari cara mengatasi bibir kering dan mengelupas, gunakan saja pelembap alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa efektif untuk bibir pecah-pecah. 

Bahan alami itu antara lain adalah aloe vera, minyak kelapa, madu, mentimun, hingga teh hijau. Gel dalam aloe vera mengandung vitamin, mineral, antioksidan serta antiradang yang bisa menghidrasi kulit. 

Sementara itu, minyak kelapa bisa melawan peradangan karena sifatnya yang emolien. Madu pun bisa sangat melembapkan dan mencegah infeksi. Sementara mentimun dan teh hijau mengandung mineral yang akan memperbaiki bibir yang kering dan mengelupas. 

8. Gunakan humidifier

freepik.com/pvproductions

Jika seseorang menghabiskan waktunya di dalam udara yang kering, maka kelembapan kulit pun bisa menghilang. Masalah ini biasanya juga makin banyak terjadi saat musim dingin. 

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun, kamu juga perlu melembapkan udara dengan menggunakan humidifier.

9. Hindari merokok

pexels.com/lil-artsy

Terakhir, merokok bisa memperparah kondisi bibir yang kering dan mengelupas. Asap tembakau dari rokok itu bisa mengiritasi kulit yang sensitif di sekitar bibir. 

Bahkan, masalah lainnya seperti sariawan dan nyeri pada gusi bisa timbul karena merokok. Saat kamu berhenti merokok, maka kondisi kulit yang pecah-pecah akan membaik segera. 

Berbagai cara mengatasi bibir kering dan mengelupas tersebut bisa membuat bibir menjadi sehat dan lembap kembali. Jangan memicu hal-hal yang bisa memperburuk kondisi bibir juga ya, Bela. 

IDN Channels

Latest from Health