Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Yoga Bagi Pemula yang Perlu Kamu Ketahui 

Agar kamu tidak cedera!

Aulia Fitria

Yoga adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan relaksasi yang kerap dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental, membuat tubuh semakin fleksibel, serta mengurangi rasa nyeri di tubuh. Lebih dari itu, yoga nyatanya baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

Namun, dalam prakteknya yoga bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan latihan yang rutin agar kamu bisa menguasai berbagai tekniknya. Hal ini yang kemudian membuat banyak pemula kerap melakukan kesalahan saat tengah beryoga. 

Meskipun yoga merupakan salah satu kegiatan relaksasi, ketika kamu sering melakukan kesalahan dikhawatirkan tubuhmu akan mengalami cedera. Untuk itu, Popbela sudah merangkum tips yang bisa diterapkan oleh pemula ketika tengah melakukan yoga.

1. Memilih kelas yang diperuntukkan bagi yang pemula

Freepik.com/senivpetro

Tahukah kamu bahwa tidak semua kelas yoga yang tersedia cocok untuk diambil oleh pemula? Hal ini tentu penting menjadi perhatian, pasalnya, kelas yoga yang tersedia di berbagai studio cukup beragam dan tidak semuanya aman dilakukan oleh pemula.

Oleh karena itu, sebelum mulai mengambil kelas tertentu kamu bisa bertanya apakah kelas yang ingin kamu ambil memang diperuntukkan bagi semua level atau hanya bagi yang sudah mahir saja? Pasalnya, mengambil kelas mahir ketika kamu masih pemula akan menyulitkanmu saat tengah latihan.

2. Rileks

Shutterstock/miya227

Datang ke studio untuk pertama kali terlebih kamu akan melakukan yoga bersama peserta lain yang bisa jadi banyak di antara mereka sudah familiar dengan berbagai gerakan yoga mungkin terasa mengintimidasi. Namun, hal ini bukan sesuatu yang perlu kamu khawatirkan secara berlebihan. Ya, justru kamu harus rileks saat ingin melakukan yoga.

Jangan jadikan rasa khawatir itu membuat kamu sulit untuk rileks saat tengah melakukan yoga. Sebelum mulai pemanasan, kamu bisa menarik nafasmu dalam-dalam kemudian keluarkan perlahan-lahan. Cara ini bisa menenangkan sistem saraf serta mengurangi stres. 

3. Lakukan pemanasan

Freepik.com

Sama seperti olahraga lain, kamu butuh melakukan pemanasan saat ingin melakukan pilates. Pemanasan dalam pilates tak hanya berfungsi mengurangi resiko cedera saja, tetapi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan keseimbangan, hingga mengaktifkan otot-otot kecil pada tubuh.

4. Memakai pakaian yang nyaman

Freepik.com

Tips selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan ketika tengah memulai yoga adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Kamu bisa gunakan pakaian yang materialnya mampu menyerap keringat dengan baik, bahannya elastis sehingga nyaman saat digunakan dan tidak mengganggu fleksibilitas kamu, selanjutnya pilih pakaian yang tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar.

Di samping pakaian yang kamu gunakan, saat tengah melakukan yoga jangan lupa untuk membawa handuk kecil untuk menyeka keringat. Selain itu, kamu juga disarankan untuk membawa botol minum.

5. Tidak memaksakan diri

medicalnewstoday.com

Memaksakan diri saat pertama kali melakukan yoga dengan tetap melanjutkan sesi yoga saat tubuh sudah tidak kuat merupakan hal yang tidak disarankan. Pasalnya, hal ini juga bisa menyebabkan cedera sendi dan otot serta menimbulkan rasa sakit dan juga kaku.

Untuk itu, ketika tubuhmu sudah mulai tidak kuat atau timbul rasa tidak nyaman saat melakukan yoga, jangan malu untuk memberi tahu instruktur kamu tentang kondisi yang kamu alami.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health