Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penyebab Dehidrasi yang Perlu Kamu Ketahui!

Akibat konsumsi obat tertentu hingga hiperhidrosis

Aulia Fitria

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Perlu kamu ketahui, air di dalam tubuh ini memiliki banyak peran yang penting untuk tubuh, seperti membantu sistem pencernaan, mengeluarkan racun dari tubuh, hingga menjaga suhu tubuh. Itulah mengapa mencukupi kebutuhan air setiap hari menjadi hal yang tak boleh kamu sepelekan begitu saja, terlebih kamu rutin mengonsumsi minuman selain air putih seperti kopi misalnya.

Pasalnya, ada banyak hal yang terjadi ketika tubuh mengalami dehidrasi. Mulai dari kejang, penurunan tekanan darah, gangguan pada ginjal serta otak hingga kadar urea dalam darah yang tinggi. Selain kurang asupan air putih, ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab dehidrasi. Simak informasi di bawah ini untuk mencari tahu lebih lanjut tentang penyebab dehidrasi!

1. Konsumsi obat tertentu

pexels.com/Karolina Grabowska

Tak hanya disebabkan oleh kekurangan asupan air putih, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat tertentu. Ya, ada obat-obatan seperti obat diuretik ini dapat menyebabkan dehidrasi lantaran obat tersebut bekerja mengeluarkan garam dan air melalui urin.

Apabila konsumsi obat ini dinilai sudah berlebihan, maka bisa meningkatkan potensi buang air kecil secara terus menerus. Hal tersebut yang kemudian menjadikan alasan mengapa jenis obat tersebut bisa menyebabkan dehidrasi.

2. Konsumsi alkohol

www.forbes.com

Selain obat-obatan tertentu, minuman beralkohol juga bisa menyebabkan orang yang mengonsumsinya mengalami dehidrasi. Alkohol diketahui dapat mengurangi pelepasan hormon yang berfungsi menyeimbangkan kadar cairan di dalam tubuh. 

Di samping itu, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa membuat kamu buang air kecil secara terus menerus lantaran semakin banyak alkohol yang kamu konsumsi, semakin banyak jumlah elektrolit dan air yang keluar dari tubuh.

3. Tidak mengonsumsi karbohidrat yang memadai

freepik.com

Karbohidrat adalah berfungsi sebagai sumber energi utama. Namun, tak sedikit orang yang tengah diet lupa akan hal ini lantaran hanya fokus pada makanan yang bisa menurunkan berat badan saja. Padahal, peran karbohidrat ini penting dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu, kekurangan asupan karbohidrat juga bisa membuat kamu mengalami dehidrasi. Pasalnya, ketika kamu mengalami dehidrasi, aliran air ke dalam pembuluh darah yang mengarah menjadi lebih cepat. Hal tersebut tentunya membuat tubuh kehilangan air lebih cepat.

4. Mengidap penyakit tertentu

Pexels.com/Daan Stevens

Ada beberapa penyakit yang erat dengan dehidrasi, salah satunya adalah diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat penderitanya mengalami dehidrasi. Umumnya, dehidrasi dialami oleh mereka yang mengidap diabetes tipe dua.

Pada penderita diabetes tipe dua, dehidrasi bisa berdampak pada tidak terkontrolnya gula darah. 

5. Hiperhidrosis

cloudfront.net

Hiperhidrosis atau keringat berlebih juga disebut-sebut bisa menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang mengidap hiperhidrosis yang tergolong cukup berat.

IDN Channels

Latest from Health