Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Titik Pijat untuk Hidung Tersumbat yang Bisa Ditekan agar Sembuh

Cara alami untuk menyembuhkan hidung tersumbat

Audia Natasha Putri

Hidung tersumbat memang mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengalaman kurang mengenakkan ini diakibatkan oleh hidung yang terkena alergi atau menghirup udara kotor. Imbasnya, selaput yang melapisi saluran hidung pun meradang dan memproduksi lendir berlebih yang membuat lubang hidung tersumbat.

Selain mengonsumsi obat-obatan, kamu juga bisa mengatasi hidung tersumbat dengan pijat refleksi. Metode pijat refleksi, terutama di bagian wajah, memang dipercaya dapat mengurangi gejala hidung tersumbat.

Berikut adalah titik pijat hidung tersumbat yang bisa kamu aplikasikan di rumah.

1. Pijat pangkal hidung

youtube.com/beautytipsbyIsha

Titik pijat untuk hidung tersumbat yang pertama adalah di pangkal hidung. Titik ini terletak di pangkal hidung, tepatnya di antara kedua tulang hidung dan sudut mata. Kamu bisa memulai pijat ini dengan meletakkan kedua jari telunjuk di dua titik yang dimaksud. 

Kemudian, tekan tulang hidung dan sudut mata selama 15 detik. Dengan menggunakan jari telunjuk, urut perlahan batang hidung dari atas ke bawah. Gerakan ini bisa kamu ulangi secara perlahan selama sekitar 30 detik.

2. Pijat dahi

youtube.com/olgatoja

Setelah memijat pangkal hidung, kini beralih ke dahi. Memijat bagian ini dapat membantu mengurangi produksi lendir serta mengurangi pusing dan membuat penglihatan lebih segar. Sedangkan titik yang perlu dipijat adalah 2 titik di atas  alis kanan dan kiri. 

Untuk melakukan pijatan di titik ini, kamu perlu menggosok kedua tangan untuk menghangatkannya. Kemudian, pijat perlahan dahi dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah. Lakukan gerakan melingkar ke luar dari alis menuju pelipis. Ulangi gerakan ini sekaligus pada dahi kiri dan dahi kanan selama sekitar 30 detik.

3. Pijat pipi

Pexels.com/cottonbro Studio

Titik pijat untuk hidung tersumbat yang ketiga adalah tulang pipi. Lokasi titiknya berada di kedua sisi hidung dan di atas gigi atau rahang atas. Kamu bisa melakukan pijatan di titik ini saat hidungmu tersumbat atau sedang pilek. 

Caranya cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu menekan tulang pipi dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah. Selanjutnya, pijat area ini dengan gerakan melingkar selama sekitar 30 detik. Supaya mendapat tekanan yang lebih kuat, kamu bisa menggunakan ibu jari untuk memijat. 

Selain itu, titik pijat tulang pipi bisa membuat wajah awet muda dan mengobati sinusitis. Bahkan, nyeri akibat sakit gigi juga dapat diredakan dengan memijat titik ini.

4. Pijat tengkuk

guideofgreece.com

Titik pijat hidung tersumbat juga bisa dilakukan di titik tengkuk. Posisi titik ini berada di belakang leher. Memijat tengkuk juga diklaim ampuh dalam meredakan rasa sakit yang timbul karena adanya tekanan pada rongga sinus, seperti sinusitis dan hidung tersumbat.

Cara melakukan pijatan pada titik ini sedikit berbeda dengan titik-titik lainnya. Kamu harus melakukan pijatan dengan cukup kuat, yakni dengan menggunakan kedua jempol untuk menekan area lekukan yang ada di bagian belakang kepala.  

Sementara lokasi pijat berada di dasar tengkorak atau batas rambut tumbuh. Urut area tersebut dengan kuat namun perlahan. Lanjutkan langkah ini sampai keluhan hidung tersumbat membaik.

Itu tadi titik pijat untuk mengobati hidung tersumbat yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Health