Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-Hati! Kamu akan ‘Kekurangan’ Ini Mulai dari Usia 25-30 Tahun

Usia muda belum tentu ‘aman’ loh

Asri Muspita Sari

Bela, siapa di sini yang sudah mulai masuk umur 25-an? Kayaknya sudah saatnya nih kamu mulai telaten nih merawat kulit. Sebab, beberapa sumber mengatakan saat kita memasuki usia tersebut, kulit akan memasuki proses penuaan dan perubahan hormon. 

Biasanya, penuaan identik dengan kulit yang keriput dan tidak lagi terlihat kencang. Salah satu faktor terjadinya penuaan adalah berkurangnya protein kolagen pada kulit. Saat hal ini terjadi, kulit menjadi lebih kering karena kolagen berperan dalam memberikan kelembapan kulit.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh juga berkurang. Makanya, jumlah kolagen dalam tubuh juga perlu dijaga. Gimana caranya? Let’s find out, Bela!

1. Fakta kolagen, protein ajaib yang bikin kulit awet muda

123rf.com/chingjong

Bela pasti udah nggak asing dong dengan kata kolagen? Yap, kolagen merupakan protein yang terdapat di beberapa bagian tubuh seperti kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Ternyata, jumlah kolagen di dalam tubuh kita cukup besar lho Bela, yaitu sekitar 25-30 persen. 

Kolagen sendiri punya banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti meningkatkan massa otot, menjaga kekuatan sendi, menjaga kekuatan rambut, dan memperlambat pertumbuhan uban. Namun yang paling terasa manfaatnya adalah untuk kulit. Bisa dibilang, kolagen adalah pemegang ‘takhta’ tertinggi dalam urusan kulit awet muda. 

Mulai memasuki usia 25-30 tahun, produksi kolagen di dalam tubuh kita mulai berkurang. Hal ini menyebabkan kekuatan kulit melemah sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput.

2. Gimana sih cara meningkatkan produksi kolagen?

Freepik/makistock

Mengutip Well Being Nutrition, produksi kolagen yang dihasilkan tubuh akan mulai berkurang sampai 1,5 persen setiap tahunnya saat kita mulai memasuki usia 25-an. Tapi tenang Bela, walaupun produksi kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia, kita bisa lho menambah produksi kolagen dari makanan yang kita makan.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi protein untuk memasok asupan asam amino di dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung asam amino adalah susu, daging, telur, dan makanan laut.

3. Rekomendasi minuman untuk bantu tubuh memproduksi kolagen

Dok. Collagena

Karena nggak bisa memproduksi kolagen sendiri, makanya tubuh kita butuh asupan kolagen dari luar untuk mencegah penuaan dini, Bela. Kabar baiknya, sekarang ada minuman yang bisa membantu tubuh kita mempertahankan kolagen dan merangsang produksi kolagen baru. Please welcome, Collagena

Collagena adalah 1000mg Kolagen dalam Susu Steril Pertama di Indonesia yang dapat membantu mengembalikan kadar kolagen yang hilang dalam tubuh. Sebagai informasi, Collagena ini berasal dari susu sapi yang didatangkan langsung dari New Zealand, dan uniknya lagi, produk ini langsung diimpor dari Eropa lho.

Nggak hanya itu, Collagena juga diperkaya vitamin A dan protein yang dapat menunjang kinerja kolagen agar lebih optimal. Oh iya, produk ini nggak mengandung sukrosa, serta sudah bersertifikat Halal dan BPOM lho, Bela. Jadi aman untuk dikonsumsi setiap hari.

#AwetMudaJadiMudah dengan mengonsumsi 1 kaleng Collagena setiap hari. Tapi, Bela bisa penuhi kebutuhan kolagen harian (2.000 mg) dengan konsumsi 2 kaleng Collagena. Yuk, rutin minum Collagena untuk bantu jaga kesehatan dan kekenyalan kulit, serta mempertahankan kekuatan tulang!

4. Yuk, mampir ke booth Collagena di BeautyFest Asia Yogyakarta 2024!

Dok. Collagena

Pas banget Bela baca artikel ini, soalnya Collagena akan hadir di event BeautyFest Asia 2024 yang bakal diselenggarakan di Yogyakarta pada 31 Mei–2 Juni 2024. Bela bisa mampir ke booth-nya Collagena yang ada di Jogja Expo Center.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Bela lakukan di booth-nya Collagena, mulai dari cek kondisi kulit gratis hingga konsultasi dengan expert. Nggak cuma itu, kamu juga bisa mencoba langsung produk susu awet muda Collagena, lho.

Yang lebih serunya lagi, Bela juga bisa dapat produk gratis hanya dengan follow dan posting foto keseruan di booth Collagena. Tak ketinggalan, ada beragam promo dan hadiah yang pastinya best deal banget!

Nah, kalau Bela penasaran sama rasa susu awet muda ini, yuk datang ke booth Collagena di BeautyFest Asia Yogyakarta 2024! Ssst… tiket masuknya gratis lho. Jangan lupa ajak bestie, pasangan, atau keluargamu ya. See you there, Bela! (WEB/AMS)

IDN Channels

Latest from Health