Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Sampo untuk Dermatitis Seboroik, Efektif Atasi Kulit Bersisik

Bantu mengurangi masalah kulit kepalamu

Wahyu Fitri Utami

Dermatitis seboroik merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan pada area kulit kepala. Gejala dari kondisi tersebut berupa kulit kemerahan, bersisik, berketombe, dan gatal-gatal. Meskipun bukan penyakit yang menular, masalah kulit kepala ini tentu mengganggu kenyamanan.

Sampo menjadi salah satu produk yang berpengaruh dalam mengatasi dermatitis seboroik. Beberapa sampo memiliki kandungan yang dapat mengendalikan produksi minyak berlebih dan mengurangi peradangan. Misalnya, sampo yang mengandung salicylic acid, selenium sulfide, dan sulfur.

Nah, berikut beberapa delapan sampo untuk dermatitis seboroik yang bisa kamu coba.

1. Ketomed 2% Scalp Solution

instagram.com/brewok_samarinda_balikpapan

Rekomendasi sampo untuk dermatitis seboroik yang pertama yaitu Ketomed 2% Scalp Solution. Kandungan ketoconazole di dalamnya bekerja dengan cara menghambat aktivitas CYP450 jamur penyebab dermatitis seboroik.

Kandungan tersebut dapat menurunkan biosintesis ergosterol dan menghambat pertumbuhan beberapa enzim jamur. Sampo ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki masalah infeksi jamur ringan maupun ketombe biasa.

2. Erhair Scalperfect Piroctone Olamine & Climbazole Anti Dandruff Shampoo

erhaskincare.co.id

Erhair Scalperfect Piroctone Olamine & Climbazole Anti Dandruff Shampoo dapat menjadi pilihan selanjutnya. Sampo ini membantu mengatasi masalah pada kulit kepala, mulai dari ketombe hingga infeksi jamur ringan.

Kandungan climbazole dan piroctone olamine-nya efektif mengatasi masalah dermatitis seboroik. Dilengkapi dengan lavender oil dan aloe vera yang membantu menghilangkan gatal dan peradangan pada kulit kepala. Efek menthol-nya juga membuat kepalamu terasa sejuk, lho!

3. Selsun Blue

instagram.com/selsun_id

Siapa yang tidak mengenal produk Selsun? Merek ini terkenal dengan produknya untuk mengatasi masalah kulit kepala, seperti gatal-gatal dan ketombe. Selain bisa meredakan gatal, kandungan selenium sulfide pada sampo ini efektif meredakan dermatitis seboroik.

Kamu bisa menggunakan produk ini tiga kali dalam seminggu. Jika ingin lebih yakin sesuai kondisi kulit kepalamu, kamu bisa konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan sampo Selsun Blue.

4. Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

instagram.com/noor_jameel_pharmacy

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo merupakan sampo yang diformulasikan untuk merawat sekaligus mengatasi masalah pada kulit kepala. Bahan aktif piroctone olamine yang terkandung dalam sampo ini ampuh mengatasi tinea capitis hingga dermatitis seboroik di kulit kepala. Selain itu, kandungan allantoin-nya dapat meredakan peradangan sehingga mempercepat penyembuhan kulit.

5. Shampoo Fungasol-SS Ketoconazole 1%

instagram.com/linaidshop

Rekomendasi sampo untuk dermatitis seboroik selanjutnya yaitu Shampoo Fungasol-SS Ketoconazole 1%. Sampo ini juga ampuh untuk mengatasi ketombe kronis. Kandungan ketoconazole-nya mampu menghambat penyebaran jamur yang bersarang di kulit kepala.

Kamu bisa menggunakan sampo ini secara rutin. Setelah sembuh, gunakan sampo antiketombe untuk membantu merawat kulit kepalamu. 

6. Head & Shoulders Clinical Strength Dandruff Defense Intensive Itch Relief Shampoo

headandshoulders.com

Head & Shoulders dikenal sebagai sampo antiketombe. Salah satu produknya yang bisa mengatasi masalah dermatitis seboroik yaitu Head & Shoulders Clinical Strength Dandruff Defense Intensive Itch Relief Shampoo. Kandungan selenium sulfide pada sampo ini mampu menghempas ketombe dan infeksi kulit kepala, sehingga kepalamu bebas dari rasa gatal.

7. Neutrogena T/Gel Therapeutic Shampoo

instagram.com/skinpotions.mv

Neutrogena T/Gel Therapeutic Shampoo mengandung coal tar, yaitu bahan aktif yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah pengelupasan kulit kepala. Coal tar bekerja untuk mengurangi iritasi kulit kepala yang disebabkan oleh dermatitis seboroik.

Selain itu, kandungan dalam produk ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala, sehingga kamu pun akan terbebas dari masalah ketombe. Kamu bisa menggunakan sampo ini dua kali seminggu untuk hasil yang diharapkan

8. Nizoral Shampoo

instagram.com/iamivyloh_

Terakhir, Nizoral Shampoo menjadi salah satu sampo yang bisa mengatasi dermatitis seboroik. Sampo ini mengandung ketoconazole sebagai bahan aktif yang dapat membunuh jamur penyebab dermatitis seboroik. Tak hanya itu, sampo ini juga mengatasi rasa gatal dan kemerahan yang timbul di area kulit kepala.

Penggunaan Nizoral Shampoo cukup mudah. Kamu bisa membasahi rambut terlebih dahulu, lalu pijat sampo secara merata ke area kulit kepala selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Sampo ini bisa kamu gunakan tiap 3-4 hari sekali.

Itulah delapan rekomendasi sampo untuk dermatitis seboroik. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kulit supaya kamu diberi rekomendasi pilihan sampo yang tepat sesuai kondisi kulit kepalamu.

IDN Channels

Latest from Hair