Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Minyak Rambut Zaman Dulu yang Eksis di Tahun 90-an

Meskipun jadul, tapi pernah hits di zamannya

Wahyu Fitri Utami

Tidak hanya perempuan, mayoritas laki-laki juga ingin tampil sempurna, salah satunya dengan memperhatikan gaya rambut. Beragam merek dan jenis minyak rambut pun hadir menunjang kebutuhan mereka.

Terutama pada tahun 1980 hingga 1990-an, berbagai merek minyak rambut hadir dengan menawarkan kelebihannya masing-masing. Bahkan beberapa di antaranya menjadi minyak rambut hits yang masih beredar di pasaran hingga saat ini.

Penasaran apa saja mereknya? Ini dia minyak rambut zaman dulu yang pernah eksis di tahun 90-an.

1. Brisk

Instagram.com/abene_vintage

Siapa yang tidak kenal minyak rambut jadul satu ini? Minyak rambut ini hampir bisa dijumpai di setiap rumah.

Brisk sempat eksis di tahun 90-an. Merek minyak rambut ini cukup digemari oleh kalangan pria. Ciri khas dari minyak rambut ini ialah berbentuk krim putih atau biru dengan wanginya yang khas.

Brisk memiliki dua kemasan yaitu plastik dan kaca. Penggunaan minyak rambut ini akan membuat rambut tampak lebih mengkilap dan tidak mudah berantakan saat diterpa angin. Di masa sekarang, kamu masih bisa menemukan minyak rambut ini yang sudah bergabung dengan produk Clear.

2. Minyak Orang Aring

Instagram.com/anekaria8

Booming di tahun 90-an, minyak orang aring menjadi salah satu minyak rambut yang digemari oleh anak-anak pada zaman dulu. Terbuat dari bahan alami membuat produk ini dipilih sebagai minyak rambut yang efektif untuk menutrisi rambut anak.

Ciri khas minyak rambut orang aring ini terletak pada tekstur yang lebih cair dan berwarna hijau. Sementara kemasan yang digunakan minyak rambut ini menggunakan botol plastik yang cukup tebal. Bentuk botolnya yang unik biasanya membuat orang lebih memilih dikumpulkan daripada dibuang begitu saja.

Minyak rambut ini membantu rambut lebih mudah diatur dan disisir. Produksi minyak orang aring ini pun masih berlanjut, loh, dan tetap memiliki tempat di hati para pengguna setianya.

3. Tancho

Instagram.com/preloved_inactive

Minyak rambut jadul selanjutnya yaitu Tancho. Merek minyak rambut dari Jepang ini diproduksi sejak tahun 1933 dan menjadi pomade favorit kalangan laki-laki pada masa itu. Minyak rambut ini memiliki tekstur yang agak padat dan digunakan dengan cara dioles.

Terbuat dari bahan alami, Tancho memiliki manfaat untuk merawat rambut agar terhindar dari kerusakan. Selain itu, pomade satu ini juga punya wangi khas dan daya setnya cukup tinggi. Aromanya yang wangi dan hasil akhirnya yang mengilap membantu pria tampil lebih percaya diri.

4. Brylcreem

Instagram.com/truecosmeticsltd

Brylcreem merupakan produk minyak rambut pria asal Inggris. Produk minyak rambut ini cukup digemari di luar negeri.

Krim rambut ini populer di tahun 90-an dan menjadi favorit di kalangan pria. Terbuat dari kombinasi mineral oil, beeswax, dan air membuat Brylcreem dapat menghasilkan tampilan rambut yang klasik, sehat, dan berkilau.

Minyak rambut ini memiliki aroma yang harum, maskulin, dan klasik. Bentuk krimnya yang ringan dan lembut menjadikan Brylcreem cocok untuk menata beragam jenis rambut. Kamu masih bisa menemukan produk ini dengan kemasan tube yang lebih praktis untuk dibawa kemana saja.

5. Pomade Lavender

Instagram.com/pomadelavender

Bukan jadul lagi, Pomade Lavender bisa disebut sebagai minyak rambut legendaris. Beredar sejak 1948, Pomade Lavender mendapatkan popularitasnya pada 1950 hingga 1990-an.

Pomade lokal ini merupakan pomade tipe light pada masanya. Ciri khas dari produk ini ialah kemasannya yang berbentuk kaleng oval dengan gambar seorang perempuan.

Pomade Lavender bertekstur padat dan menggunakan bahan dasar vaseline yang mampu membuat rambut berkilau sepanjang hari. Selain itu, mineral oil yang terkandung dalam produk ini bisa menjaga kelembaban rambut dengan baik.

Meskipun termasuk minyak rambut zaman dulu, Pomade Lavender variasi Tokyo Night dan Happy Lavender masih bisa kamu temukan di beberapa toko online shop. Harganya pun sangat terjangkau, mulai Rp10.000 hingga Rp20.000 saja.

Meskipun sudah tidak sepopuler minyak rambut kekinian, beberapa minyak rambut zaman dulu di atas pernah hits pada masanya dan menjadi favorit di berbagai kalangan usia. Dari beberapa produk di atas mana yang sudah pernah kamu coba nih, Bela?

IDN Channels

Latest from Hair