Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Potongan Rambut 3-2-1 Laki-Laki, Cepak tapi Keren

Kelihatan maskulin

Nafi' Khoiriyah

Potongan rambut 3-2-1 banyak dipakai oleh para laki-laki untuk memberikan tampilan rambut pendek yang rapi. Gaya tersebut populer di kalangan anak sekolah atau mahasiswa baru yang akan menjalani masa orientasi. 

Seperti namanya, potongan ini sebenarnya adalah model rambut cepak dengan 3 cm di bagian atas, 2 cm di bagian belakang, dan 1 cm di bagian samping dan belakang bawah. 

Ada beragam gaya rambut yang bisa menerapkan potongan ini, di antaranya adalah potongan di bawah ini. 

1. Undercut

thesmartlocal.com

Undercut memang gaya rambut yang bisa digabungkan dengan berbagai potongan, salah satunya adalah potongan rambut 3-2-1. Seperti biasanya, gaya rambut ini memisahkan bagian atas rambut dengan bagian bawah dan sampingnya.

Dengan potongan rambut 3-2-1, kamu bisa membuat bagian atasnya sepanjang 3 cm, bagian belakangnya 2 cm, dan bagian samping serta belakang bawah 1 cm. 

2. French Crop

mensflair.com

Meski French crop memotong rambut sangat pendek di samping dan belakangnya, tetapi kamu tetap bisa membuat detail potongan 3-2-1. Caranya, bagian atas kepala dipotong cepak menyisakan rambut sepanjang 3 cm.

Lalu, cukur bagian samping dan belakangnya dengan tebal masing-masing 2 cm dan 1 cm. Bagian poni yang tersisa dipotong pendek juga di atas alis atau ditata ke samping. 

3. Crew Cut

menshaircuts.com

Potongan rambut 3-2-1 pun bisa dipadukan dengan crew cut yang klasik. Masih tergolong dalam potongan cepak, gaya ini menyisakan rambut di bagian atas kepala yang tegak. 

Kamu bisa meminta hair stylist untuk menyisakan rambut samping sekitar 2 cm dan belakang bawah sekitar 1 cm. Rambutmu akan kelihatan lebih tegak dengan gaya rambut ini. 

4. Ivy League

wisebarber.com

Jika ingin tampil lebih berkelas, cobalah menggabungkan potongan 3-2-1 dengan ivy league. Seperti yang kamu lihat, gaya ini punya detail bagian atas yang lebih panjang dan disisir ke belakang. 

Biarkan bagian samping dan belakang lebih pendek dengan panjang 2 cm dan 1 cm. Kamu akan tampak lebih cerdas dengan menerapkan gaya rambut ivy league. 

5. Quiff

looksthatwork.com

Potongan rambut 3-2-1 bisa dibuat lebih hidup dan tidak membosankan dengan gaya rambut quiff. Gaya tersebut membuat tampilan rambut bagian atas lebih panjang dan bervolume, sedangkan bagian bawahnya lebih pendek. 

Banyak laki-laki yang senang memakai quiff karena akan terkesan kasual dan tetap rapi. Untuk menatanya, gunakan wax atau hair styling lainnya. 

6. High and Tight

pinterest.com

High and tight jadi kombinasi yang tepat dengan potongan 3-2-1 kalau kamu ingin terkesan maskulin. Detailnya, kamu perlu mencukur sisi samping dan belakang dengan panjang 2 cm dan 1 cm.

Lalu, bagian atasnya dicukur rapi namun lebih panjang sampai 3 cm. Hampir mirip dengan crew cut, tetapi high and tight akan membuat garis-garis wajah menjadi lebih tegas. 

7. Pompadour

therighthairstyles.com

Berikutnya, gaya rambut pompadour juga bisa dokombinasikan dengan potongan rambut 3-2-1. Sebab, bagian atasnya yang bervolume bisa dipanjangkan sampai sekitar 3 cm. 

Setelah itu, pangkas sisi rambut dengan fade haircut dengan masing-masing 2 cm dan 1 cm panjangnya. Meskipun atasnya bervolume, tetapi gayamu tetap rapi dan trendi. 

8. Buzz Cut

mendeserve.com

Dikenal sebagai salah satu potongan yang mudah ditata, buzz cut juga termasuk potongan rambut 3-2-1. Modelnya sangat cocok untuk laki-laki yang suka dengan tampilan rambut rapi dan pendek. 

Buzz cut ini akan membuatmu tampak lebih maskulin dengan gaya yang bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi. Melengkapinya dengan janggut akan membuatnya makin keren. 

9. Spiked Crew

menshaircuts.com

Kalau kamu mencari potongan rambut 3-2-1 yang runcing, maka spiked crew adalah jawabannya. Gaya ini sempat dipopulerkan oleh Chris Evans dan kemudian menjadi gaya rambut yang populer. 

Supaya tampilannya maksimal, spiked crew bisa ditata dengan sisir bergigi rapat dan pomade yang kuat. Jangan lupa menerapkan fade di sampingnya supaya lebih menawan, ya!

10. Comb Over

thesmartlocal.com

Terakhir, gaya rambut di atas menggabungkan potongan rambut comb over dengan undercut dan disconnected sehingga tampilannya tampak basic. Gaya ini akan memberikan kesan yang menonjol dan berani. 

Jangan lupa, bagi sisinya dengan 3-2-1, mulai dari atas sampai sampingnya. Kamu yang ingin gaya rambut profesional bisa mencoba gaya rambut comb over tersebut. 

Ternyata, potongan rambut 3-2-1 bisa diterapkan untuk berbagai jenis gaya rambut. Dengan pilihan gaya rambut di atas, rambut cepakmu akan tampak lebih stylish!

Selamat mencoba!

IDN Channels

Latest from Hair